Sukses


Presiden Persebaya Ingin Memajukan Industri Olahraga Indonesia Lewat Merchandise

Bola.com, Surabaya - Persebaya kembali memperkenalkan jersey tim musim 2019. Kali ini, Presiden Persebaya, Azrul Ananda berbicara dalam sebuah talkshow di Tunjungan Plaza 3, Surabaya, Rabu (24/4/2019) sore.

Dalam perkenalan jersey ini, muncul satu sponsor baru, yaitu Go-jek. Sebelumnya, Bajul Ijo telah didukung oleh lima sponsor, yaitu Kapal Api, Safe Care, Reliance, MPM Honda, dan Antangin dalam launching jersey pada 29 Maret 2019.

Azrul menegaskan bahwa penjualan jersey Persebaya memiliki peranan penting dalam pemasukan klub. Jersey buatan sendiri itu diklaim menjadi pendobrak untuk menggunakan produk dalam negeri.

"Jersey kami buat Indonesia dan tidak impor. Tantangannya memang tidak mudah. Sejak 2017, kami sudah memperkenalkan motif croco dan dipertahankan hingga sekarang," kata Azrul.

Motif croco yang dimaksud oleh Azrul adalah sisik buaya yang menghiasi jersey hijau Persebaya. Selama ini, klub tersebut identik dengan buaya, berasal dari lambang Kota Surabaya. Selain itu julukan klub juga "Bajul Ijo" yang berarti Buaya Hijau.

"Sejak dulu, jersey kami anti UV dan anti bau. Sayang, masih belum anti kalah. Kami masih mencari teknologi yang tepat untuk anti kalah itu," imbuh Azrul bercanda.

Keputusan tetap menggunakan motif croco itu didasari oleh historis, yaitu saat Persebaya diakui PSSI dan berkompetisi di Liga 2 2017. Azrul merasa jersey itu menyimpan kenangan dan jasa yang membawa timnya promos ke Liga 1.

"Kami melanjutkan identitas jersey dan brand Persebaya ini konsisten. Jangan banyak berubah, itu kurang untuk klub dan sponsor. Indonesia seharusnya bisa mengembangkan bahan itu," ucap Azrul.

Menurut Azrul, jersey yang dipakai pada musim 2019 ini sudah dirancang sejak akhir tahun 2017. Pihaknya ingin industri olahraga selalu memikirkan langkah menjaga kelangsungan hidup klub.

"Saya bicara soal industri olah raga. Klub lain tidak ada satupun yang bicara pengembangan industri mercandhise. Mungkin kalau store masih dipikirkan, tapi selain itu Persebaya juga bicara industri olahraga," ujar Azrul.

Video Populer

Foto Populer