Sukses


Djanur Pastikan Pemain Persebaya Tidak Kelayapan saat TC di Bali

Bola.com, Surabaya - Pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman bakal membuat peraturan saat timnya menjalani pemusatan latihan (TC) di Bali. Rencananya, skuat Bajul Ijo bakal bertolak ke Pulau Dewata pada 28 April, dan TC diadakan enam hari pada 29 April hingga 4 Mei 2019. 

Seperti diketahui, Bali dikenal sebagai tempat pariwisata yang telah mendunia. Banyak tempat wisata seperti pantai dan hiburan tersedia di sana. Jika pemain Persebaya tergoda liburan, tentu itu akan menganggu program tim. 

“Jangan takut, mentang-mentang lagi di Bali, nanti anak-anak malah main-main. Saya pikir tidak. Karena di situ ada misi tertentu, saya akan membuat satu aturan yang intinya tujuan dari TC ini tercapai,” kata Djadjang, Kamis (25/4/2019). 

Dua tahun lalu, atau pada Juni 2017, Persebaya juga mengadakan TC di Bali saat masih ditangani oleh pelatih Angel Alfredo Vera. Selama sepekan di sana, para pemain menjalani aktivitas harian dan program tim dengan lancar. 

Padahal, saat itu TC digelar saat memasuki bulan suci Ramadan. Skuat yang saat itu berisikan pemain muda mampu menjaga kekompakan tim. Bahkan, beberapa kali mereka berinisiatif melakukan salat berjamaah.

Pelatih yang akrab disapa Djanur itu ingin suasana TC timnya bisa berjalan lancar. Apalagi, ada program team building yang telah disiapkan oleh jajaran pelatih Persebaya untuk Ruben Sanadi dkk. 

“Ini hanya pindah latihan, tapi bukan untuk rekreasi. Saya tahu (Bali merupakan tempat wisata). Pasti saya kontrol supaya bagaimana pemain tidak pergi seenaknya,” ucap pelatih berusia 60 tahun tersebut.

Sayang, Djanur masih enggan membeberkan kontrol semacam apa yang bakal diterapkannya kepada pemain Persebaya.

2 dari 2 halaman

Alasan TC di Bali

Sebelum memutuskan Bali, Djadjang Nurdjaman sempat menjadikan Yogyakarta sebagai opsi. Menurutnya, ada alasan kuat yang membuat timnya akhirnya memilih Pulau Dewata. 

“Kami ingin sesuatu yang lain, menambah padunya kebersamaan kami. Kami memilih Bali karena nanti ada sesi team building. Menurut psikolog tim (Afif Kurniawan), di sana ada tempat yang bagus,” kata pelatih yang akrab disapa Djanur itu, Kamis (25/4/2019). 

Sebelumnya, Persebaya sudah pernah menjalani TC di Bali pada Juni 2017, saat masih ditangani Angel Alfredo Vera. Saat itu, team building juga sedang menjadi target utama jajaran pelatih melihat situasi tim yang tampil tidak konsisten di Liga 2 2017. 

TC tersebut digelar saat Persebaya mengalami pergantian pelatih dari Iwan Setiawan ke Alfredo. Selain itu, beberapa pemain juga dirasa kurang menjaga kebersamaan mengingat skuat itu baru terbentuk awal 2017.

Kali ini, situasi seperti itu tidak dialami oleh Persebaya. Namun, musim ini mereka belum sekalipun menjalani TC di luar Jawa Timur. Suasana baru di Bali diyakini bisa membuat pemain lebih segar dalam menjalani agenda tim.

“Ada uji coba, latihan, dan team building. Di sana intinya adalah untuk mengukur kebersamaan tim. Kalau latihan dan uji coba sama saja antara di sini dan Bali. Kondisi pemain sudah cukup bagus,” ucap Djanur.

Video Populer

Foto Populer