Sukses


Pemain Persebaya Jalani Agenda Team Building yang Melelahkan di Bali

Bola.com, Kuta - Persebaya memasuki agenda team building pada pemusatan latihan hari kedua di Bali, Selasa (30/4/2019). Sesuai rencana, agenda tersebut akan memakan waktu selama seharian sejak pagi hingga sore. 

Pada sesi pertama, skuat Persebaya berkumpul di sebuah kebun di Ubud, Bali. Dengan udara segar, Ruben Sanadi dkk. memainkan dua bagian permainan. Mereka mendapat pantauan dari psikolog tim Persebaya, Afif Kurniawan. 

Durasi sesi pertama ini cukup lama, mencapai 2,5 jam dari pukul 09.30 WITA hingga 12.00 WITA. Namun, semuanya berisi permainan yang membuat pemain Persebaya bisa rileks dan tidak terbebani. 

“Sesi pertama di bagian pertama itu pelepasan emosi dalam bentuk ice breaking dan sebagainya. Jadi, hanya untuk melepaskan penat, lelah mental dan lainnya. Bagian kedua, namanya project game, pemainan yang disusun untuk memecahkan persoalan,” kata Afif kepada Bola.com.

“Di dalam permainan itu, setiap pemain harus berkomunikasi, bekerja sama, dan memecahkan masalah dengan cara dan strateginya masing-masing. Jadi, untuk menguatkan kembali nilai yang sudah dipunya, yaitu kekeluargaan, kebersamaan, kerja sama, dan komunikasi,” imbuhnya. 

Setelah sesi pertama rampung, para pemain Persebaya diberi istirahat selama satu jam sambil makan siang. Pada pukul 13.00 WITA, mereka menjalani sesi permainan dalam arung jeram di Sunga Ayung, Ubud, Bali. 

“Sesi kedua dalam team building ini kami main rafting (arung jeram). Durasi 1,5 jam. Tujuannya masih sama seperti tadi, kami ingin semakin maksmal dalam melepas emosi,” terang pria yang juga merupakan dosen Fakultas Psikologi Universitas Airlangga itu. 

“Semuanya tergantung pemain. Mereka menikmati sesi team building ini. Setelah itu, selama 30 menit kami membahas kegiatan yang sudah dilakukan hari ini. Kami juga menyatukan persepsi untuk menatap Liga 1,” ucap Afif. 

Sesi team building ini menjadi satu dari rangkaian pemusatan latihan yang membuat jajaran pelatih Persebaya memilih Bali. Sesuai tujuan, sesi ini menjadi wadah untuk semakin menambah kekompakkan skuat Bajul Ijo.   

Video Populer

Foto Populer