Sukses


5 Kapten dengan Pengaruh Kuat di Shopee Liga 1 2019

Bola.com, Jakarta - Setiap tim sepak bola tidak akan lepas dari sosok penting yang menjadi pemimpin di dalam lapangan. Seorang kapten tim tentu memberi pengaruh yang sangat penting bagi penerapan strategi permainan, termasuk di Shopee Liga 1 2019.

Harus diakui sejumlah tim di Liga 1 2019 gemar melakukan rotasi kapten tim dalam setiap musimnya. Namun, sejumlah tim tidak pernah mengganti sang komandan di lapangan hijau.

Namun, baik ada rotasi atau tidak, kehadiran sosok seorang kapten di dalam tim memang penting. Bahkan tak sedikit tim yang baru saja mendatangkan pemain pada musim lalu tak ragu untuk memberikan kepercayaan sebagai kapten.

Biasanya, pengalaman menjadi sebuah pertimbangan khusus dalam penunjukkan sang pemimpin. Karisma sang pemain kerap menjadi alasan lain untuk ditunjuk sebagai kapten.

Tak sedikit pula kapten tim yang memimpin skuat di Liga 1 2019 merupakan pemain-pemain yang bukan sorotan utama di setiap laga. Namun, kontribusi besarnya dalam permainan tim membuatnya begitu berpengaruh kepada kelangsungan permainan tim.

Bola.com memilih 5 pemain berstatus kapten di Shopee Liga 1 2019 yang dalam setiap pertandingannya memberikan kontribusi penting sesuai perannya di posisi masing-masing.

2 dari 6 halaman

Fadhil Sausu

Kapten Bali United ini mungkin bukan sorotan utama setiap kali Serdadu Tridatu bertanding. Namun, sejak musim lalu peran penting yang dilakukannya di lapangan tengah Bali United memberikan pengaruh besar kepada permainan tim.

Fadhil Sausu mampu membuat ritme permainan Bali United begitu stabil dari lini tengah. Berposisi sebagai gelandang bertahan, Fadhil kerap menjadi tembok penghalang pemain lawan yang akan memasuki area pertahanan Serdadu Tridatu.

Tak hanya sekadar menjadi gelandang bertahan yang membantu lini pertahanan dan menjaga ritme permainan ketika menyerang, Fadhil juga memiliki keahlian khusus dalam berkontribusi besar kepada Bali United, yaitu lewat tendangan bebasnya yang kerap membuahkan gol cantik.

3 dari 6 halaman

Andritany Ardhiyasa

Andritany Ardhiyasa menjadi kapten utama Persija mulai musim ini. Namun, ini bukan pengalaman pertamanya sebagai kapten.

Dalam musim-musim sebelumnya, Andritany kerap menjadi kapten ketika Bambang Pamungkas dan Ismed Sofyan tidak berada di atas lapangan. Statusnya yang cukup senior di skuat Macan Kemayoran membuatnya dipandang cukup memiliki kapabilitas untuk memimpin tim.

Andritany memang kerap memberikan instruksi-instruksi kepada rekan-rekan setimnya dari bawah mistar gawang. Posisinya yang berada di baris paling belakang membuatnya bisa melihat situasi lapangan dengan sangat baik.

Tak hanya itu, kemampuannya mengawal lini pertahanan Persija dengan penyelamatan-penyelamatan luar biasa membuat Macan Kemayoran mampu menjadi tim dengan jumlah kebobolan paling sedikit dalam dua musim terakhir, sebuah kontribusi besar yang sangat luar biasa yang akan diberikan sang kapten kepada Persija pada musim ini.

4 dari 6 halaman

Wiljan Pluim

Ban kapten memang layak berada di lengan pemain asal Belanda ini. PSM Makassar mampu memperlihatkan permainan yang luar biasa ketika playmaker berusia 30 tahun itu menjaga ritme permainan dengan kemampuan ball keeping yang luar biasa.

Memiliki postur besar dan kemampuan mengeksplorasi lapangan pertandingan, Wiljan Pluim seringkali terlihat dalam permainan penting PSM. Sosoknya itu kini telah menjadi bagian penting dari perjuangan PSM di setiap pertandingan.

Mampu mencetak gol dengan akurasi tembakan yang bagus, umpan-umpan manis, serta kemampuan menguasai bola dan menjaganya dari pemain lawan membuat pemain yang satu ini memang mengundang decak kagum di atas lapangan hijau. 

5 dari 6 halaman

Supardi Nasir

Nama Supardi Nasir sudah begitu familiar bagi bobotoh meski sang pemain baru kembali pada 2017. Supardi memang sempat membela Persib Bandung pada 2012 hingga 2015, sebelum kembali ke skuat Maung Bandung pada 2017.

Kenyang pengalaman di dunia sepak bola Indonesia, Supardi Nasir pun mendapatkan kepercayaan menjadi kapten Persib Bandung. Tugas itu pun diembannya dengan baik sejak musim lalu.

Selain itu, kemampuan Supardi untuk bermain di sejumlah posisi, baik sebagai bek tengah, bek kiri, maupun pemain sayap, membuatnya menjadi pemain yang mampu memberikan banyak kontribusi bagi Maung Bandung, selain kemampuannya sebagai pemimpin tim di lapangan hijau.

6 dari 6 halaman

Hamka Hamzah

Satu lagi pemain senior di dunia sepak bola Indonesia yang memang selalu dipercaya menjadi kapten tim di mana pun dirinya bermain. Hamka Hamzah pun langsung mendapatkan kepercayaan menjadi pemimpin di lapangan sejak kembali ke Arema pada pertengahan musim 2018.

Hamka Hamzah memang memiliki jiwa kepemimpinan yang sangat baik, sebuah hal yang paling penting sebagai seorang kapten tim. Selain itu, kemampuannya mengawal lini pertahanan tim terkenal luar biasa dengan permainan yang lugas dan tak ragu untuk mengambil keputusan saat berduel dengan pemain lawan.

Satu yang menarik, Hamka Hamzah merupakan sosok yang tak ragu untuk mengungkapkan pendapatnya. Hal ini yang membuatnya semakin matang sebagai seorang pemimpin, yang tidak hanya mampu memimpin rekan-rekan setimnya tapi juga mampu mengarahkan suporter timnya, Arema, jika ada hal yang tidak diinginkan.

Video Populer

Foto Populer