Sukses


3 Alasan Rahmad Darmawan Setuju Penggunaan VAR di Shopee Liga 1

Bola.com, Cibinong - Pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan, sangat setuju dengan rencana penggunaan Video Assistant Referee (VAR) di Shopee Liga 1 2019. Pria yang akrab disapa Coach RD itu menyebut, ada 3 alasan VAR sudah harus digunakan dalam sepak bola Indonesia.

Rencana penggunaan VAR untuk Shopee Liga 1 2019 mendapatkan restu dari PSSI melalui rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI di Jakarta pada akhir pekan lalu. Saat ini, PSSI bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) sedang menyusun kajian dari sisi anggaran dan infrastruktur penggunaan VAR.

Coach RD menilai, penggunaan teknologi VAR bakal meminimalisir kekeliruan wasit dalam pengambilan keputusan di dalam lapangan. Selain itu, VAR juga berguna untuk melakukan evaluasi kinerja wasit.

"Saya sangat mendukung sekali wacana ini. Pertama, untuk membantu wasit dalam mengambil sebuah keputusan. Kedua, sekaligus mengevaluasi keputusan wasit di lapangan, kalau ada kesalahan paling tidak bisa merevisi kesalahan itu, dan ini bukan hal tabu, ini sangat bagus," kata Coach RD dalam konferensi pers jelang laga melawan PSM Makassar, Selasa (28/5/2019).

Tak hanya itu, menurut Coach RD, penggunaan VAR bisa menjadi jawaban akan krisis kepercayaan terhadap sepak bola Indonesia yang belakangan terjadi. Teknologi ini nantinya juga bakal mengedukasi masyarakat agar bisa lebih bijak dalam mengkritik keputusan wasit.

"Adapun yang ketiga, yang paling penting saat ini adalah, saya melihat adanya sebuah krisis kepercayaan (dalam sepak bola Indonesia). Ini yang harus di atasi karena sebuah masalah. Walau kadang wasit sudah membuat keputusan benar juga bisa jadi salah. Jadi, saya rasa patut untuk dikedepankan penggunaan VAR ini di Shopee Liga 1 2019. Saya mendukung mudah-mudahan ini bisa jadi salah satu solusi untuk mengatasi kesalahan," tegas Coach RD.

Video Populer

Foto Populer