Sukses


6 Fakta dan Momen Menarik Saat Madura United Gebuk Borneo FC

Bola.com, Pamekasan - Madura United berhasil melanjutkan catatan positif dalam pertandingan Shopee Liga 1 2019. Kali ini mereka unggul tiga gol tanpa balas saat menjamu Borneo FC pada pekan ketiga di Stadion Gelora Madura, Pamekasan, Selasa malam (28/5/2019).

Tiga gol Madura United dicetak trio pemain depan, yaitu Aleksandar Rakic (26’), Greg Nwokolo (31’), dan Beto Goncalves (55’/penalti). Ini merupakan kemenangan ketiga dalam tiga pertandingan di Liga 1 2019, sebelumnya menang atas Persela Lamongan dan Barito Putera.

Sejak babak pertama, Greg Nwokolo dkk. berhasil mendominasi jalannya pertandingan dan mengurung pertahanan Borneo FC. Tercatat, delapan tembakan berhasil dilepaskan dan mengarah ke gawang tim Pesut Etam.

Catatan sapu bersih ini menunjukkan Laskar Sape Kerap saat ini tidak bisa dianggap remeh. Madura United berhasil mempertahankan posisi puncak klasemen yang sudah mereka duduki sejak dua pekan sebelumnya.

Di luar hasil apik itu, sejumlah catatan gemilang ditorehkan tim asal Pulau Garam itu dalam tiga pekan awal ini. Beberapa momen unik juga menghiasi kemenangan Madura United atas Borneo FC ini. Berikut rangkuman Bola.com:

Sapu Bersih

Madura United mampu menyapu bersih tiga pertandingan alias selalu menang sampai pekan ketiga Shopee Liga 1 2019. Sebelum menumbangkan Borneo, mereka menang 5-1 atas Persela Lamongan dan 1-0 atas Barito Putera.

Sejauh ini, Madura United menjadi satu-satunya tim dengan catatan sapu bersih itu. Torehan tersebut berpotensi disamai PSM Makassar dan Bali United, yang juga selalu menang dalam dua laga sebelumnya. Namun, keduanya belum memainkan pekan ketiga.

Raihan sempurna alias sembilan poin menempatkan Madura United di puncak klasemen sementara. Mereka juga berpeluang menduduki posisi tersebut selama kompetisi libur lebaran jika raihan poin atau torehan gol tidak disamai PSM atau Bali United.

2 dari 3 halaman

Fakta dan Momen Menarik

9 Gol dari 3 Laga

Madura United tercatat sebagai tim yang cukup produktif sejauh ini. Dalam tiga pertandingan, mereka sembilan kali membobol gawang lawan. Hal ini berarti Greg Nwokolo dkk. rata-rata mencetak tiga gol dalam setiap pertandingan.

Itu merupakan angka yang cukup besar untuk sebuah tim yang baru menjalani pekan-pekan awal sebuah kompetisi. Kegarangan lini depan Madura United dengan kehadiran nama-nama besar diyakini telah membuat tim ini semakin agresif.

Selebrasi Gendong Bayi

Pemain Madura United melakukan selebrasi unik saat gol Beto Goncalves dan Greg Nwokolo lahir. Mereka terlihat melakukan gesture laiknya menggendong bayi yang pernah dipopulerkan pemain Timnas Brasil, Bebeto, di Piala Dunia 1994.

Hal itu tidak terlepas dari Beto Goncalves yang baru dikarunia putri ketiga, yang lahir di Surabaya pada Minggu (26/5/2019). Putri dari pasangannya, Roesmala Dewi, itu diberi nama Dalila Roesmala da Costa.

Greg, ditemani Beto, juga terlihat antusias melakukan selebrasi gendong bayi setelah mencetak gol pada menit ke-31. Pemain naturalisasi asal Nigeria itu memang tengah menantikan kelahiran anaknya dari sang istri, Kimmy Jayanti.

3 dari 3 halaman

Fakta dan Momen Menarik

Koreo Kreatif Suporter

Suporter Madura Bersatu (SMB) sangat jarang menampilkan korea kreatif di tribune untuk menghiasi pertandingan. Biasanya, mereka lebih memilih spanduk sebagai sarana menyampaikan pesan atau bernyanyi sepanjang pertandingan demi mendukung Laskar Sape Kerrab.

Kali ini, pemandangan berbeda terlihat di tribune barat Stadion Gelora Madura yang biasa ditempati oleh Taretan Dhibi’, nama kelompok SMB yang berbasis di Pamekasan. Terlihat ada koreo dengan gambar wajah Mbah Hosen meneropong.

Mbah Hosen merupakan seorang tokoh Taretan Dhibi’ yang setia menemani Madura United hingga bertandang ke berbagai kota. Dia juga kerap berjoget memberikan hiburan kepada suporter lainnya dengan mengenakan pakaian adat khas Madura.

Impian Suporter Madura United Jadi Juara

SMB sepertinya benar-benar berhasrat melihat klub kebanggaannya mengangkat trofi musim ini. Hal itu terlihat dari spanduk bertuliskan "Madura Kami Rindu Juara" yang terletak di tribune barat Stadion Gelora Madura.

Sejak berdiri pada 10 Januari 2016, Madura United memang belum sekalipun berhasil meraih gelar juara pada ajang resmi. Pada musim 2017, mereka hanya puas dengan peringkat keenam. Sedangkan musim 2018 malah turun ke peringkat delapan.

Sebenarnya, Madura United sudah beberapa kali meraih gelar juara di berbagai turnamen pramusim. Masing-masing adalah Magelang Cup 2017 dan Suramadu Super Cup 2018. Dua ajang itu berstatus sebagai turnamen tidak resmi.

Viking Clap Pasca Laga

Untuk kali pertama, Viking Clap menggema di Stadion Gelora Madura mengiringi kemenangan Madura United. Lebih istimewa lagi, seluruh suporter ikut dalam ritual ini dengan pemain mengitari tengah lapangan.

Greg Nwokolo, yang merupakan kapten Madura United, mendapat kehormatan memimpin Viking Clap dengan bass drum dari suporter yang diletakkan di tengah lapangan. Kebahagian menyapu bersih tiga laga sangat layak dirayakan dengan cara seperti ini untuk menggapai asa menjadi juara.

Video Populer

Foto Populer