Sukses


Mereka yang Masih Tertidur pada Shopee Liga 1 2019

Bola.com, Jakarta - Kompetisi Shopee Liga 1 2019 telah berjalan empat dari lima pekan yang direncanakan. Namun, sejumlah peserta masih belum menemukan jalir kemenangan. Dua di antaranya berlabel klub raksasa, Persija Jakarta dan Persipura Jayapura.

Keduanya kini berada di papan bawah Shopee Liga 1 2019. Persija Jakarta ada di peringkat ke-14 dengan dua poin dari dua laga. Persipura lebih parah. Tim racikan Luciano Lendro ini berkutat di zona degradasi, tepatnya posisi ke-16 juga dengan raihan dua poin.

Tim dengan predikat jagoan yang juga masih tertidur di papan bawah adalah Arema FC. Sang juara Piala Presiden 2019 itu hanya menempati ranking ke-13 lewat koleksi tiga poin. Tapi, Makan Konate dan kawan-kawan masih menjalani satu pertandingan lebih sedikit dibandingkan kontestan lainnya.

Sebagai juara bertahan, capaian Persija Jakarta sangat mengenaskan. Tim berjulukan Macan Kemayoran ini sampai ditinggalkan mantan pelatihnya, Ivan Kolev, ketika Liga 1 2019 baru berjalan tiga pekan.

Tekanan dari suporter setelah Persija hanya mengumpulkan satu poin dari tiga partai awal membuat Kolev tahu diri. Arsitek asal Bulgaria ini pun memilih mundur.

Namun, kebiasaan Persija memang begitu. Macan Kemayoran kerap berada dalam tren negatif di awal musim. Dalam dua tahun belakangan, start Persija selalu kurang mulus.

Persija bak turun mesin di awal, namun tancap gas di akhir. Pernah menjadi juru kunci pada musim lalu, Macan Kemayoran malah mengakhiri kompetisi dengan status kampiun.

2 dari 3 halaman

Menanti Kebangkitan Persipura

Persipura memang dalam tren menurun dalam tiga tahun terakhir. Pada 2017, tim berjulukan Mutiara Hitam ini berada di peringkat ke-6, yang menukik secara drastis hingga posisi ke-12 pada tahun berikutnya.

Masalah Persipura adalah komposisi pemain. Dua tahun terakhir, Mutiara Hitam tak lagi jor-joran di bursa transfer. Alhasil, hanya pemain ala kadarnya yang merapat ke Tanah Papua.

Persipura juga belum menemukan peracik andal. Pada musim lalu, Mutiara Hitam ditangani Oswaldo Lessa, yang berujung kegagalan. Kini, Boaz Solossa dan kawan-kawan dilatih oleh Luciano Leandro. Seorang legenda sepak bola Indonesia dari Brasil, namun kurang mumpuni ketika banting stir ke dunia kepelatihan.

3 dari 3 halaman

Arema FC Belum Mengaum

Banyak pihak yang menganggap Arema FC akan meramaikan persaingan juara di musim ini. Nyatanya, tim dengan sebutan lain Singo Edan itu tak kunjung menjanjikan.

Secara peringkat, Arema FC memang lebih baik dari Persija dam Persipura. Namun, permainan Singo Edan masih jauh dari kata memuaskan.

Arema FC hanya mampu menang melawan sesama tim papan bawah, Persela Lamongan (3-2) dan kalah 3-1 dari PSS Sleman serta 2-1 dari Borneo FC. Singo Edan perlu menyamai level permainan seperti di Piala Presiden untuk mendongkrak posisi di klasemen.

Video Populer

Foto Populer