Sukses


4 Kunci Sukses Persebaya Pesta Gol ke Gawang Persib

Bola.com, Surabaya - Persebaya berhasil berpesta gol ke gawang Persib Bandung dalam pekan ketujuh Shopee Liga 1 2019. Tim berjulukan Bajul Ijo itu menang empat gol tanpa balas di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat malam (5/7/2019).

Striker asal Guinea-Bissau, Amido Balde, mencetak hattrick pertamanya di Liga 1 pada menit ke-34, 44', dan 58'. Satu gol lainnya disumbang oleh Irfan Jaya setelah menerima umpan dari Manuchehr Jalilov pada menit ke-81.

Ini merupakan kemenangan terbesar yang pernah didapat Persebaya sejak Maret 2019. Lebih hebatnya lagi, pesta gol ini juga didapat saat melawan klub yang tak kalah besar dan memiliki tradisi; Persib.

Hasil ini dianggap telah mengembalikan performa Ruben Sanadi dkk., yang sempat kesulitan menemukan gaya permainan yang pas sejak bergulirnya Liga 1 2019. Mereka sempat mendapat rentetan hasil buruk dan gagal menang dalam tiga laga awal.

Kemenangan perdana Persebaya diraih di kandang Borneo FC pada laga keempat, atau pekan kelima, dengan skor 2-1 (23/6/2019). Berikutnya, Persela yang datang melawat menjadi korban dan Persebaya menang 3-2 di Stadion GBT (1/7/2019).

Di dua laga itu, Persebaya masih memiliki pekerjaan rumah, yakni kecolongan gol-gol dari lawan yang seharusnya bisa diantisipasi. Saat melawan Persib, tim asal Kota Pahlawan itu sudah berbenah dan menjaga gawangnya tidak kebobolan untuk kali pertama.

Sejumlah faktor memengaruhi permainan apik yang diperagakan oleh Persebaya saat meladeni Persib. Bola.com telah merangkumnya ke dalam empat kunci sukses mereka meraih kemenangan ini. Berikut ulasannya.

2 dari 5 halaman

Umpang Lambung Akurat

Dua gol pertama Persebaya, yang dicetak Amido Balde (34’ dan 44’) lahir lewat proses yang hampir sama. Striker berusia 28 tahun itu menerima umpan lambung dari belakang dan diselesaikannya menjadi gol.

Gol pertama lahir setelah gelandang bertahan muda Muhammad Hidayat melepas umpan lambung ke arahnya. Dengan satu sentuhan, Amido Balde menyundulnya dan tidak dapat dibendung kiper Persib, M. Natsir.

Gol kedua malah lebih apik karena umpan lambung itu dikirim bek tengah Otavio Dutra dari belakang. Amido yang mengejar bola itu kemudian melepas tembakan mendatar yang melewati sela kaki Natsir.

3 dari 5 halaman

Pemain Sayap Jeli

Persebaya menurunkan Irfan Jaya dan Manuchehr Jalilov sebagai penyerang sayap menemani Amido Balde dalam trisula lini depan. Ketiga pemain ini punya peran penting dalam menggempur pertahanan Persib.

Irfan Jaya berhasil mencetak masing-masing satu assist dan gol. Gol ketiga Balde merupakan hasil umpan lambung yang dikirimkan Irfan Jaya. Berikutnya, Manu Jalilov mencetak assist yang berbuah gol Irfan Jaya.

Kecepatan dan kejelian Irfan dan Jalilov mencari ruang benar-benar merepotkan pertahanan Persib. Back four Maung Bandung, yaitu Supardi Nasir, Bojan Malisic, Saepuloh Maulana, dan Ardi Idrus kewalahan menghadapi mereka.

4 dari 5 halaman

Variasi Serangan

Dua cara Persebaya dalam mencetak gol yang telah disebutkan di atas sudah membuktikan variasi serangan saat menghadapi Persib. Umpan lambung dan kemampuan pemain sayap Bajul Ijo gagal diantipasi.

Trio gelandang Persebaya, yaitu Fandi Eko Utomo, Misbakus Solikin, dan Muhammad Hidayat, tidak banyak bergerak membawa bola. Mereka bermain efektif mengirim umpan pendek di tengah dan berduel dengan pemain tengah lawan.

Selain itu, lini tengah Persebaya sebenarnya juga mampu mengirim umpan terobosan ke arah pemain depan. Namun, cara itu mampu ditahan Persib. Alternatif lain pun dilakukan dan berbuah empat gol.

5 dari 5 halaman

Ketajaman Amido Balde

Amido Balde memang sangat layak menjadi bintang duel bertajuk Perang Dulur ini. Catatan trigolnya sudah membuktikan itu dan tidak terbantahkan. Mantan pemain Celtic ini telah menemukan gaya yang pas sebagai andalan lini depan.

Amido belajar banyak dari kesalahan yang dilakukan sejak final Piala Presiden 2019 kontra Arema FC. Sebelumnya, dia banyak menyinyiakan umpan matang yang mengarah kepadanya.

Kali ini dia tidak malas dalam mengejar bola. Dia terus menempa diri dan mengembalikan ketajamannya. Total, Amido sudah mencetak 18 gol untuk Persebaya dalam 15 penampilan di semua ajang.

Timnas Indonesia Gelar Latihan Perdana Dengan Protokol Kesehatan yang Ketat

Video Populer

Foto Populer