Sukses


3 Kunci Kesuksesan Persib Memaksakan Hasil Imbang Melawan Persija di SUGBK

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta harus puas berbagi poin dengan Persib Bandung dalam laga pekan ke-8 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (10/7/2019) sore WIB. Sempat unggul 1-0, Tim Macan Kemayoran harus puas bermain imbang 1-1.

Persija yang sempat unggul lebih dulu, harus bermain dengan 10 pemain dan membuat Persib mampu menyamakan kedudukan di akhir pertandingan.

Persija unggul lewat Marko Simic pada menit ke-74. Namun, Macan Kemayoran harus bermain dengan 10 pemain setelah Novri Setiawan dikartu merah wasit pada menit ke-78.

Unggul jumlah pemain, Persib pun akhirnya mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol Artur Gevorkyan pada masa injury time.

Hasil imbang ini membuat Persija naik satu peringkat dari 14 ke 13 klasemen sementara. Ismed Sofyan dkk. mengoleksi enam poin dari enam laga. Persib ada tepat di atas Tim Ibu Kota dengan raihan tujuh angka dari tujuh pertandingan.

Data-fakta pertandingan:

Persija Jakarta 1-1 Persib Bandung (Marko Simic 75', Artur Gevorkyan 90+1')

Susunan pemain:

Persija Jakarta: 88-Shahar Ginanjar, 14-Ismed Sofyan, 6-Maman Abdurahman, 4-Ryuji Utomo, 16-Tony Sucipto, 10-Bruno Matos (20-Bambang Pamungkas 63'), 11-Novri Setiawan, 25-Riko Simanjuntak (Yan Nasadit 89'), 32-Rohit Chand, 9-Marko Simic, 77-Yogi Rahadian (41-Feby Eka 67')

Pelatih: Julio Banuelos

Persib Bandung: 1-M Natshir (78-I Made Wirawan 32'), 16-Achmad Jufriyanto, 3-Ardi Idrus, 4-Bojan Malisic, 22-Supardi, 9-Esteban Vizcarra, 13-Febri Hariyadi (71-Artur Gevorkyan 55'), 18-Gian Zola (23-Kim Kurniawan 65'), 24-Hariono, 82-Rene Mihelic, 10-Ezechiel Ndouasel

Pelatih: Robert Rene Alberts

Bola.com menganalisis sejumlah faktor kunci bagaimana Persib Bandung bisa memaksakan hasil imbang melawan Persija yang berstatus sebagai juara bertahan Liga 1. Simak detailnya di bawah ini:

 

2 dari 4 halaman

Bermain Sabar

Saat posisi tertinggal 0-1, Persib tak terlihat panik. Tim besutan Robert Alberts tampil tenang. Selama 15 menit sisa pertandingan dimaksimalkan benar anak-anak Maung Bandung memberikan tekanan ke Persija.

Persib menaikkan tempo permainan. Ujung tombak Persib, Ezechiel Ndouasel, bermain lebih agresif mengandalkan kecepatannya. Ia bermain lebih melebar dengan kepentingan memecah konsentrasi penggawa-penggawa lini pertahanan Persija.

Di sisi lain Rene Micelic dan Esteban Vizcara lebih sering naik ke depan memberikan pressing ke poros belakang Tim Ibu Kota. Persija terlihat panik menghalau serangan bertubi-tubi Persib, yang lebih banyak memaksimalkan umpan-umpan lambung tajam ke area kotak penalti.

Terbukti permainan sabar Persib berbuah hasil, gol penyama kedudukan lahir juga memasuki masa injury time. Rene Micelic sukses memanfaatkan blunder Rohit Chand yang gagal menghalau bola saat terjadi kemelut di area kotak penalti Persija.

3 dari 4 halaman

Petaka Kartu Merah Novri Setiawan

Aksi tak sportif Novri Setiawan jadi petaka bagi Persija. Gagal menghalau pergerakan Ezechiel Ndouasel, Novri menumpahkan kekesalan dengan menendang bola ke arah sang striker Persib saat hendak mengesekusi tendangan bebas hasil pelanggaran yang dilakukan Novri. Kartu merah tak terelakkan.

Sepeninggal Novri, Persija kehilangan keseimbangannya. Selama 12 menit plus 4 menit tambahan waktu Persija ditekan dari berbagai arah oleh Maung Bandung.

Tanpa Novri, yang diplot dalam pertandingan ini sebagai bek sayap kiri, lini pertahanan Persija keropos. Rohit Chand yang tak punya kecepatan dipaksa menutup posisi yang ditinggalkan Novri. 

Lini tengah Tim Macan Kemayoran kehilangan geregetnya, karena hanya dua gelandang tersisa: Tony Sucipto dan Bruno Matos. Suplai bola ke duo penyerang, Marko Simic dan Bambang Pamungkas macet di pengujung laga. 

Seandainya Novri lebih bisa menahan diri, Persija amat mungkin mengakhiri laga dengan skpr 1-0. Karena sejatinya Persib terlihat kebingungan membongkar pertahanan Persija.

4 dari 4 halaman

Bermain Direct yang Efektif

Sadar tak punya banyak waktu untuk mengejar ketertinggalan, Persib merubah style permainan dari bola-bola pendek merapat ke strategi direct football.

Bola-bola atas jadi strategi Robert memanfaatkan pemain-pemain jangkung Persib. Bojan Malisic, Ezechiel Ndouasel, Rene Mihelic, dan Achmad Jufriyanto sosok jangkung yang sering berkeliaran di kotak penalti Tim Macan Kemayoran di 15 menit sisa laga.

Menghadapi serangan bertubi-tubi dengan kombinasi umpan diagonal dan vertikal lambung lini pertahanan Persija terlihat panik. Apalagi mereka kalah jumlah pemain setelah Novri Setiawan kena kartu merah. 

 

Timnas Indonesia Gelar Latihan Perdana Dengan Protokol Kesehatan yang Ketat

Video Populer

Foto Populer