Sukses


Duel Antarlini PSS Sleman Vs Persebaya: Perang Bintang di Maguwoharjo

Bola.com, Sleman - PSS Sleman akan menghadapi Persebaya Surabaya pada laga pekan kedelapan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (13/7/2019) malam. Pertemuan ini menjadi menarik karena materi kedua tim berisikan para pemain mumpuni. 

Persebaya sedang berusaha bangkit ke jalur kemenangan setelah sempat ditahan imbang 2-2 oleh Barito Putera (9/7/2019). Sebelumnya, tim berjulukan Bajul Ijo itu menang dalam tiga beruntun kontra Borneo FC, Persela Lamongan, dan Persib Bandung.

Di sisi lain, tuan rumah berusaha mengincar kemenangan tandang setelah sebelumnya mencuri poin penuh kontra Kalteng Putra. Meski berstatus tamu, PSS Sleman menang 2-0 atas Kalteng dalam laga di Stadion Maguwoharjo (7/7/019). 

Ini menjadi pertemuan pertama kedua tim selama musim ini. Persebaya telah melakukan sejumlah pergantin pemain, terutama asing. Di antaranya adalah Damian Lizio, Amido Balde, hingga Manuchehr Jalilov.

Perubahan di PSS juga tak kalah seiring status mereka promosi dari Liga 2 ke Liga 1. Muncul nama-nama impor yang menjadi andalan. Di antaranya adalah Alfonso de la Cruz (Spanyol), Brian Ferreria (Irak), Guilherme Batata (Brasil), hingga Yesvhen Bokhashvili (Ukriana). 

Lantas, siapa saja nama-nama yang akan berperan penting dalam duel ini? 

Bola.com merangkum duel antarlini dalam pertemuan PSS Sleman kontra Persebaya Surabaya. Simak ulasannya:

Video Persebaya 4 VS Persib 0 Full Highlight

2 dari 4 halaman

Belakang

Duet stoper utama Persebaya telah menjadi milik Otavio Dutra dan Hansamu Yama. Kedua pemain ini sempat absen akibat cedera. Namun, keduanya kini siap mengawal lini belakang Persebaya lagi. 

Bek PSS Sleman, Purwaka Yudi, dalam konferensi pers menjelang laga kontra Arema FC. PSS Vs Arema akan membuka Shopee Liga 1 2019, Rabu (15/5/2019) di Stadion Maguwoharjo, Sleman. (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Dua nama itu sudah dikenal sebagai bek tengah tangguh di Indonesia. Dutra pernah membawa juara Persipura Jayapura dan Bhayangkara FC. Sementara Hansamu menjadi andalan di Timnas Indonesia sejak level usia. 

Jantung pertahanan PSS dimiliki oleh Alfonso de la Cruz dan Purwaka Yudhi. Dua pemain ini menjadi tembok kokoh Super Elang Jawa. Terakhir, mereka membuat PSS tidak kebobolan saat melawan Kalteng Putra.

3 dari 4 halaman

Tengah

Persebaya punya sosok gelandang lincah dan cermat pada diri Damian Lizio, gelandang berpaspor Bolivia. Dua posisi gelandang lainnya sudah pasti menjadi milik Muhammad Hidayat dan Fandi Eko Utomo. Opsi lain Persebaya bisa juga menurunkan Misbakus Solikin.

Trio gelandang Persebaya, diisi oleh tiga dari empat pemain itu, memiliki peran penting dalam pergerakan lini tengah. Hidayat dan Lizio sudah dipastikan menempati posisi gelandang bertahan dan serang. Tinggal satu posisi yang bakal diisi oleh Fandi atau Misbakus. 

Pemain PSS, Sidik Saimima. (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Sementara PSS memiliki Brian Ferreira sebagai pengatur serangan. Gelandang satu ini mirip dengan Lizio, yaitu sama-sama berasal dari Argentina namu terdaftar sebagai pemain asal negara lain. Brian bisa dibantu oleh Sidik Saimima yang tak lain pemain didikan Persebaya yang sudah paham seluk beluk Bajul Ijo.

4 dari 4 halaman

Depan

Trio lini depan Persebaya bakal diisi oleh Osvaldo Haay, Irfan Jaya, dan Manuchehr Jalilov seiring absennya Amido Balde dan Oktafianus Fernando. Ketiga pemain itu sudah menunjukkan ketajamannya dengan mencetak masing-masing satu gol. 

Dua pemain Persebaya, Irfan Jaya dan Osvaldo Haay. (Bola.com/Aditya Wany)

PSS punya Yevhen Bokhashvili yang menjadi tumpuan lini depan sejak datang pada awal musim ini. Striker asal Ukraina itu mendapat tugas utama membobol gawang Persebaya setelah menyumbang tiga gol untuk PSS Sleman.

Video Populer

Foto Populer