Sukses


3 Jagoan Assist di Shope Liga 1 2019

Bola.com, Jakarta - Shopee Liga 1 2019 adalah panggungnya para pemain yang produktif. Tidak hanya mencetak gol, namun juga memberikan umpan yang menghasilkan gol.

Hingga pekan kesembilan Liga 1 2019, Ciro Alves yang membela Tira Persikabo masih menjadi raja gol. Penyerang asal Brasil itu telah mencatatkan tujuh gol. Padahal, Ciro bukan striker utama dan harus bersanding dengan Loris Arnaud serta Osas Saha.

Tim yang dibela Ciro saat ini berada di puncak klasemen Liga 1 2019. Mengumpulkan 19 poin dari sembilan pertandingan, Tira Persikabo juga masih belum terkalahkan.

Tanpa pelayan ulung dari rekan-rekannya, Ciro tidak akan produktif. Maka, para pemberi assist di setiap tim berperan penting dalam upaya sebuah kesebelasan dalam mencetak gol.

Para pemberi assist ini biasanya berposisi sebagai gelandang mapun bek sayap. Namun, ada pula penyerang yang mengenyampingkan nafsunya untuk mencetak gol demi kebutuhan tim.

Siapa saja jagoan assist di Shopee Liga 1 2019?

2 dari 4 halaman

Rizky Pora

Rizky Rizaldi Pora membuktikan bahwa pemain lokal dapat bersaing dengan legiun impor secara statistik. Gelandang sayap Barito Putera itu adalah pemimpin daftar assist terbanyak hingga pekan ke-9 dengan lima assist.

Perlu diingat, Rizky Pora adalah pencetak assist terbanyak pada Liga 1 musim lalu. Personil Timnas Indonesia ini mengemas sepuluh umpan yang berhasil menjadi gol.

Selalu bermain dalam sembilan pertandingan Barito Putera membuat Rizki Pora begitu produktif dalam melayani rekan-rekannya. Pengaruh perubahan posisi dari bek sayap kiri menjadi gelandang sayap kiri dan kanan pun turut berperan.

3 dari 4 halaman

Ruben Sanadi

Ruben Sanadi adalah satu-satunya pemain yang berposisi sebagai bek yang masuk daftar sepuluh pengumpul assist terbanyak.

Menariknya, pemain Persebaya Surabaya ini bertengger di peringkat kedua dengan empat assists, menyamai catatan Ciro Alves (penyerang, Tira Persikabo), Flavio Beck Junior (gelandang, Bhayangkara FC), Manuchehr Jalilov (penyerang, Persebaya), dan Brian Ferreira (gelandang, PSS Sleman).

Sanadi mencetak empat assists hanya dalam delapan pertandingan. Lantaran hobi overlapping, pemain asal Papua itu mampu menghasilkan banyak umpan yang berujung gol.

4 dari 4 halaman

Ciro Alves

Ciro Alves adalah pangket lengkap sebagai pemain. Tira Persikabo sangat beruntung memilikinya. Selain andal dalam meneror gawang lawan, penyerang asal Brasil itu juga piawai membuat assist.

Ciro adalah penguasa dua catatan statistik di Liga 1 memasuki pekan ke-9. Pemain berusia 30 tahun tersebut merupakan top scorer sementara dengan tujuh gol, juga pencetak asisst tertinggi kedua dengan jumlah empat.

Video Populer

Foto Populer