Sukses


Akira Nishino Berambisi Kembalikan Timnas Thailand Jadi Nomor Satu di ASEAN

Bola.com, Bangkok - Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) sudah resmi mengenalkan Akira Nishino sebagai pelatih kepala Timnas Thailand (senior) dan timnas U-23. Bola panas kini berada di tangan Nishino.

Ujian pertama Nishino adalah menyiapkan serta mendampingi Timnas Thailand dalam putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Thailand tergabung di Gruo G dengan sesama negara ASEAN, yakni Indonesia, Vietnam, Malaysia, serta tim favorit juara grup; Uni Emirat Arab (UEA).

Melihat situasi ini, Nishino terpacu tak sekadar membawa tim besutan anyarnya lolos ke putaran ketiga sekaligus bermain di putaran final Piala Asia 2023, melainkan menggunakan kesempatan ini untuk mengantar Timnas Thailand kembali jadi raja di ASEAN.

Seperti diketahui, dalam dua tahun terakhir, posisi Thailand sebagai raja sepak bola di kawasan ASEAN secara perlahan mulai tergusur Vietnam. Pertemuan antarsesama anggota ASEAN di Grup G, setidaknya bisa jadi pembuktian, mengingat empat negara itulah yang selama ini terbilang merajai sepak bola ASEAN.

"Target pertama saya adalah membuat Thailand kembali jadi nomor satu di ASEAN," kata Nishino.

"Setelah melihat latihan di beberapa klub dan beberapa pertandingan di Thai League, saya yakin Thailand bisa meningkat ke level kelas dunia. Saya akan mencoba mendorong Thailand mencapai level tersebut," imbuh mantan pelatih Timnas Jepang di Piala Dunia 2018 itu.

2 dari 2 halaman

Tantangan Baru

Jam terbang melatih Nishino memang sudah tinggi. Ia setidaknya 16 tahun berkarier melatih tim-tim di J-League serta mengantar beberapa di antaranya menggapai prestasi.

Namun, ini jadi kali pertama buat pelatih 64 tahun itu berkarier di luar negeri. Ini jadi tantangan buat Nishino untuk membuktikan kualitasnya, mengangkat kembali Timnas Thailand yang sedang mengalami keterpurukan.

"Saya tak pernah bekerja di luar Jepang. Ini akan jadi tantangan berat buat saya," akunya.

Menarik menanti seperti apa tangan dingin Akira Nishino di Timnas Thailand. Indonesia akan mendapat jatah" bersua racikan Nishino saat kedua negara bentrok pada 10 September 2019 dan 26 Maret 2020.

Sumber: The Nation

Video Populer

Foto Populer