Sukses


Alasan Persebaya Tak Jalani Latihan Resmi Jelang Menjamu Madura United

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya memilih tidak menggelar official training (OT) atau latihan resmi menjamu menjamu Madura United. Tim Bajul Ijo memilih menjalani latihan biasa di Lapangan Jenggolo, Sidoarjo, Jumat (9/8/2019) pagi.

Duel bertajuk Derbi Suramadu itu sendiri dijadwalkan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Sabtu (10/8/2019) sore. Biasanya setiap tim akan menjalani sesi latihan resmi sehari jelang pertandiangan di stadion yang bakal menjadi venue.

Ini merupakan kali pertama Persebaya tidak menjalani latihan resmi sejak ditangani Djadjang Nurdjaman. Pelatih berusia 60 tahun itu pun memaparkan beberapa alasannya membuat keputusan itu.

“Saya butuh latihan lebih banyak taktik dan durasinya agak lama lebih dari 1,5 jam. Kalau kami menjalani OT, latihannya hanya satu jam, itu tidak cukup,” kata pelatih yang karib disapa Djanur itu kepada Bola.com, Jumat. 

“Di sisi lain, kami ingin menghemat energi. Kalau kami berangkat latihan ke GBT itu cukup menguras tenaga karena jaraknya terlalu jauh. Saya tidak ingin istirahat anak-anak terganggu,” imbuh Djanur.

Persoalan jarak ini memang menjadi dilema buat Persebaya Surabaya. Sebab, jarak antara mes pemain ke Stadion GBT mencapai 35 kilometer. Mereka butuh setidaknya 1,5 untuk berangkat ke sana mengingat lalu lintas Surabaya pagi hari cukup padat. 

2 dari 2 halaman

Tidak Rugi

Djanur memandang bahwa timnya tidak dirugikan dengan keputusan tanpa latihan resmi ini. Persebaya Surabaya kini berstatus sebagai tim tuan rumah sudah pasti memahami seluk beluk stadion berkapasitas 50 ribu penonton itu. 

“Kalau kami ingin melihat kondisi lapangan di kandang sendiri sebenarnya memang sudah biasa. Kalau kami tandang, oke harus OT supaya tahu kondisi lapangan. Tapi sekarang kami akan bermain di kandang sendiri dan anak-anak sudah tahu kondisi GBT,” imbuhnya. 

Latihan resmi diberikan oleh kedua tim yang bakal bertanding untuk memahami situasi stadion tempat pertandingan. Dalam hal ini, biasanya tim tamu yang lebih membutuhkan karena ada kemungkinan belum pernah merasakan lapangan dan kondisi stadion tersebut.  

Video Populer

Foto Populer