Sukses


Tira Persikabo Bikin Barito Putera Bertekuk Lutut di Demang Lehman

Jakarta Tira Persikabo membawa pulang tiga poin dari hasil lawatan ke markas Barito Putera di Stadion Demang Lehman, Martapura, Jumat (9/8/2019) malam WIB dalam pertandingan lanjutan Shopee Liga 1 2019. Tira Persikabo menang dengan skor 4-2 dan kukuh di puncak klasemen.

Empat gol Tira Persikabo disarangkan Wawan Febrianto pada menit ke-28, Louise Parfait Essengue pada menit ke-45+1, Loris Arnaud menit ke-57, dan Manahati Lestusen lewat titik putih pada menit ke-63.

Sementara itu tuan rumah menyarangkan dua gol ke gawang Tira Persikabo melalui Samsul Arif pada menit ke-42 dan Rafael Silva pada menit ke-80.

Berkat kemenangan ini, Tira Persikabo masih memuncaki klasemen sementara Shopee Liga 1 2019 dengan mengoleksi 29 poin dari 13 pertandingan. Barito tetap di peringkat ke-14, karena baru mendulang 12 poin dari 13 laga. 

Dalam pertandingan pekan ke-13 itu, Tira Persikabo malah tampil lebih dominan meski berstatus tim tamu. Barito terlihat tidak bisa mengembangkan permainan.

Gol pertama Tira Persikabo lahir pada menit ke-28 melalui Wawan Febrianto, yang menyelesaikan umpan mendarat Ciro Alves. Tira Persikabo unggul 1-0 atas Barito.

Barito mampu menyamakan skor pada menit ke-42 lewat sundulan Samsul Arif, sehingga membuat kedudukan menjadi 1-1 kontra Tira Persikabo. Samsul Arif memanfaatkan assist dari Nazar Nurzaidin.

Namun, skor imbang tak berlangsung lama sebabtiga menit kemudian, Tira-Persikabo kembali memimpin 2-1 melalui gol dari Louise Parfait Essengue, yang meneruskan operan Abduh Lestaluhu. Skor 1-2 bertahan hingga turun minum.

2 dari 3 halaman

Tira Persikabo Makin Luar Biasa

Pada awal babak kedua, permainan langsung berjalan sengit. Barito Putera bermain terbuka, namun hal ini yang ternyata malah menjadi bumerang untuk mereka.

Pada menit ke-57, Loris Arnaud memanfaatkan umpan Wawan, berhasil menyundul bola untuk masuk ke gawang Barito yang dikawal Aditya Harlan. Skor menjadi 1-3 untuk keunggulan tim tamu.

Tira Persikabo memperoleh hadiah penalti pada menit ke-63, setelah gelandang mereka dijatuhkan dijatuhkan Bayu Pradana. Manahati Lestusen yang menjadi algojo menuntaskan tugasnya dengan sempurna.

Barito pun kini tertinggal 1-4 dari tim asuhan Rahmad Darmawan tersebut. Setelah keunggulan tersebut, Tira Persikabo mulai lebih mengendurkan permainan.

Situasi ini dimanfaatkan Barito Putra yang lebih agresif dalam menekan. Pada menit ke-80, Barito memperkecil ketinggalan menjadi 2-4 lewat sundulan Rafael Silva memanfaatkan umpan tendangan bebas Rizky Pora.

Barito masih berupaya mengambil kesempatan untuk menyerang. Namun, hingga wasit meniup peluit panjang tanda laga usai, skor 2-4 untuk kemenangan Tira Persikabo tidak berubah.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Barito Putera: Aditya Harlan; Roni Beroperay, Donni Harold Monim, Lucas Silva, Nazar Nurzaidin; Rizky Rizaldi Ripora, Evan Dimas Darmono, Bayu Pradana, Ady Setiawan; Gavin Kwan Adsit, Samsul Arif Munip

Pelatih: Yunan Helmi

Tira-Persikabo: Angga Saputro; Rifad Marasabessy, Andy Setyo Nugroho, Khurshed Beknazarov, Abduh Lestaluhu; Manahati Lestusen, Roni Sugeng Ariyanto, Parfait Essengue; Wawan Febrianto, Loris Arnaud, Ciro Alves

Pelatih: Rahmad Darmawan

Video Populer

Foto Populer