Sukses


Duel Antarlini Persebaya vs Madura United: Duel Pemain Inti dan Pelapis

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya dijadwalkan menjamu Madura United pada pekan ke-13 Shopee Liga 1 2019. Laga yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya (10/8/2019), ini menjadi ajang duel tim dengan materi pemain mumpuni di Indonesia.

Kedua tim tercatat cukup bertemu dalam berbagai pentas, tercatat sudah delapan kali sejak perjumpaan pertama pada 2018. Pertandingan ini saja menjadi pertemuan kelima mereka selama musim 2019.

Persebaya dan Madura United bukanlah klub yang sedang produktif dalam urusan gol. Namun, duel bertajuk Derbi Suramadu itu kerap dalam persaingan juara, seperti Piala Presiden 2019 dan Piala Indonesia 2018. Kedunya memiliki karakter dan materi pemain yang agak mirip.

Mereka sama-sama mengolaborasikan pemain asing dan lokal berpengalaman, dengan beberapa pemain muda juga. Sekilas, Madura United memiliki pemain lebih berkualitas dengan keberadaan sejumlah sosok berlabel bintang.

Berdasar posisi klasemen sementara, Persebaya kini berada di posisi keenam dengan 17 poin dari 12 laga yang telah dimainkan. Tim Bajul masih tidak konsisten dengan mengoleksi empat menang, lima seri, dan tiga kalah. Total, 18 gol telah mereka ciptakan.

Madura United sendiri kini menghuni papan atas dengan berada di peringkat ketiga mengemas 21 poin dari 11 laga. Klub berjulukan Laskar Sape Kerap itu mengumpulkan enam menang, tiga seri, dan dua kalah. Mereka telah membukukan 21 gol.

Bermain di kandang sendiri, Persebaya punya rekor apik dengan catatan tak terkalahkan menjamu Madura United sejak musim lalu. Empat kali menjamu Madura United, tiga di antaranya berhasil berakhir kemenangan, bahkan diiringi dengan catatan cleansheet.

Sempat tampil menurun dengan gagal menang dalam empat laga secara beruntun, Persebaya baru saja bangkit setelah menang tipis 1-0 atas Persipura Jayapura pada pekan lalu (2/8/2019).

Tren negatif kini malah menghampiri Madura United. Setelah takluk 0-1 di kandang sendiri saat menjamu PSS Sleman, Greg Nwokolo dkk. bermain imbang 1-1 kontra Bhayangkara FC pekan lalu (5/8/2019).

Sayang, kekuatan terbaik dari kedua tim tidak bisa menjadi tontonan bagi publik pecinta sepak bola nasional di laga ini. Persebaya kehilangan dua stoper andalannya, yaitu Otavio Dutra dan Hansamu Yama, akibat akumulasi kartu.

Sementara Madura United malah kehilangan delapan pemain sekaligus akibat cedera dan akumulasi kartu. Mereka adalah Jaimeson Xavier, Fandry Imbiri, Alfath Faathier, Asep Berlian, Greg Nwokolo, Andik Vermansah, Zah Rahan, dan Aleksandar Rakic.

Lantas, siapa saja pemain yang akan memegang peranan penting dalam laga nanti? Berikut ini duel antarlini yang bakal terjadi dalam laga Persebaya melawan Madura United versi Bola.com:

 

2 dari 4 halaman

Lini Pertahanan

Persebaya sempat dipusingkan dengan situasi absennya Dutra dan Hansamu. Sebab, dua pemain itu merupakan stoper andalan sejak pramusim ini. Tapi, ini bukan kali pertama Bajul Ijo bertanding tapi duet tersebut secara bersamaan.

Saat melawan Persib di Piala Presiden 2019, Persebaya juga tanpa mereka. Sebagai pengganti, muncul duet Andri Muliadi dan Mokhamad Syaifuddin di jantung pertahanan. Kedua pemain ini juga disiapkan untuk mengawal lini belakang nanti.

Sementara Madura United mengalami masalah yang lebih serius di lini belakang. Untuk kali pertama Jaimerson dan Fandry Imbiri bakal absen secara bersamaan. Hanya tersisa Fachruddin Aryanto saja sebagai stoper murni Madura United.

Kemungkinan Madura United bakal menurunkan Guntur Ariyadi atau Kadek Raditya Maheswara sebagai rekan duet Fachruddin. Tapi, duet itu belum pernah dicoba oleh pelatih Madura United, Dejan Antonic, selama musim ini.

 

3 dari 4 halaman

Lini Tengah

Persebaya bakal tampil dengan kekuatan penuh di lini tengah. Mereka leluasa memilih opsi untuk mengisi trio gelandang. Bisa jadi, komposisi Rachmat Irianto, Muhammad Hidayat, dan Damian Lizio digunakan lagi setelah sempat dicoba saat bermain imbang 1-1 kontra Tira Persikabo (21/7/2019).

Bajul Ijo bisa juga menurunkan Misbakus Solikin atau Fandi Eko Utomo sebagai opsi lain Rachmat Irianto dan Muhammad Hidayat. Yang jelas, Lizio telah menjadi andalan dalam mengatur tempo serangan Persebaya.

Lagi-lagi, Madura United harus kehilangan pemain. Selain lini belakang, lini tengah mereka juga tidak akan maksimal. Asep Berlian dan Zah Rahan dipastikan tidak bisa diturunkan dalam Derbi Suramadu ini.

Trio gelandang mereka bakal diisi oleh pemain lokal yang sudah sarat pengalaman dan memiliki kualitas. Ada Zulfiandi, Slamet Nurcahyo, dan David Laly yang akan adu kemampuan mengolah si kulit bundar. Masih ada juga Syahrian Abimanyu yang sempat bermain penuh 90 menit kontra Bhayangkara FC.

 

4 dari 4 halaman

Lini Depan

Barisan serangan Persebaya bakal lebih beragam mengingat para pemain di posisi ini tidak mengalami kendala. Lima pemain sekaligus bisa jadi opsi dalam trisula lini depan. Mereka adalah Osvaldo Haay, Irfan Jaya, Manuchehr Jalilov, Oktafianus Fernando, dan Amido Balde.

Lini depan Madura United tidak kalah dengan kehadiran striker haus gol pada diri Beto Goncalves. Tapi, tiga pemain lainnya harus absen. Mereka adalah Greg Nwokolo, Andik Vermansah, dan Aleksandar Rakic.

Sebagai penopang, Madura United kemungkinan bakal menurunkan Engelberd Sani dan David Laly di posisi penyerang sayap.

Video Populer

Foto Populer