Sukses


Prediksi PSM Vs Barito Putera: Momen Kebangkitan Juku Eja

Bola.com, Makassar - PSM Makassar melupakan euforia juara Piala Indonesia, demi meraih kemenangan saat menjamu Barito Putera pada pekan ke-13 di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Rabu (14/8/2019).

Posisi PSM di klasemen sementara terbilang rawan. Apalagi pada dua laga terakhir, Juku Eja selalu menelan kekalahan. Masing-masing, takluk ditangan Bali United 0-1 (1/8/2019) dan kalah 0-2 dari Borneo FC (10/8/2019).

Pelatih PSM, Darije Kalezic menegaskan skuatnya tak ingin terpuruk. Mantan juru taktik Roda JK Kerkrade ini pun ingin menjadikan duel kontra Barito jadi momentum kebangkitan Juku Eja.

"Setiap partai adalah final. Sebagai pelatih tugas saya bukan sekadar meramu strategi tapi juga menjaga kondisi pemain," kata Darije merujuk jadwal ketat yang bakal dihadapi skuatnya menyusul sejumlah partai tunda karena PSM berlaga di Piala AFC dan Piala Indonesia.

Saat menjamu Barito, Darije bisa memainkan sang kapten Wiljan Pluim yang absen saat bertandang ke Borneo FC. Kehadiran Pluim diyakini membuat serangan PSM lebih variatif.

Pluim bakal ditopang oleh duet gelandang pekerja, Marc Klok dan Rizky Pellu. Di lini ini masih ada M. Arfan dan Rasyid Bakrie yang tak kalah garang. Jika lini tengah kembali moncer, Darije bisa berharap skuatnya kembali tajam.

Konsentrasi lawan yang dipastikan tertuju ke Pluim membuat trio lini serang, Zulham Zamrun, Ferdinand Sinaga, dan M. Rahmat bakal lebih mudah mengoyak pertahanan lawan.

Meski di atas angin, Darije merasa perlu mengingatkan skuatnya agar waspada. Pasalnya, Barito memiliki lini depan yang berpotensi mempermalukan Juku Eja. Sebut saja Rafael Silva dan Syamsul Arif. Belum lagi pergerakan dari lini kedua lewat aksi Evan Dimas dan Rizky Pora.

Situasi ini jelas menjadi sinyal bahaya buat PSM Makassar, karena Darije kembali tidak bisa memainkan Aaron Evans, stoper asal Australia yang masih terjerat sanksi kartu merah. Sebagai pengganti Evans, Darije memiliki dua opsi pada diri Hasim Kipuw dan Munhar.

 

2 dari 4 halaman

Barito Putera Berpotensi Buat Kejutan

Barito Putera datang ke kandang PSM Makassar dengan modal minor setelah takluk 2-4 dari PS Tira Persikabo di markas sendiri (9/8/2019). Meski begitu, pelatih Yunan Helmi menegaskan skuatnya sudah melupakan kekalahan itu.

"Masih banyak pertandingan yang bisa kami menangkan. Termasuk melawan PSM," tegas Yunan.

Meski masih berkutat di papan bawah, Barito sejatinya tidak perlu minder memnghadapi PSM. Selain materi pemain yang tak kalah kualitas, statistik pertemuan kedua tim masih milik Barito.

Dalam dua musim terakhir, Barito mencetak satu kemenangan dan tiga imbang.Makin membaiknya kondisi Bayu Pradana yang baru pulih dari cedera panjang membuat beban Evan Dimas lebih ringan.

Situasi ini membuat Evans bisa lebih fokus membantu serangan plus mengintip peluang mencetak gol. Pergerakan dinamis Gavin Kwan dan Rafael Silva juga berpotensi membuat gawang PSM kebobolan.

Seperti PSM, Barito wajib meraih poin pada laga ini kalau tak ingin kian terpuruk. Apalagi setelah laga ini, mereka akan dijamu Arema FC (19/8/2019).

3 dari 4 halaman

Data dan Fakta

EMPAT PERTEMUAN TERAKHIR

18/7/2017: PSM vs Barito 1-1

29/10/2017:Barito vs PSM 2-2

16/4/2018:Barito vs PSM 2-1

13/9/2018:PSM vs Barito 1-1

 

EMPAT LAGA TERAKHIR DI LIGA 1 2019

PSM Makassar

13/7/2019: vs Bhayangkara 2-1

17/7/2019: vs Persebaya 2-1

1/8/2019): vs Bali United 0-1

10/8/2019): vs Borneo FC 0-2

Barito Putera

22/7/2019: vs Persela 0-0

27/7/2019: vs PSS 2-2

4/8/2019: vs Persib 1-0

9/8/2019: vs PS Tira 2-4

 

4 dari 4 halaman

Prediksi Susunan Pemain

PSM (4-3-3): Rivki Mokodompit (kiper); Asnawi Mangkualam, Abdul Rahman, Munhar, Beny Wahyudi (belakang); Marc Klok, Rizky Pellu, Wiljan Pluim (tengah); Zulham Zamrun, Ferdinand Sinaga, M. Rahmat (depan).

Pelatih: Darije Kalezic

Barito Putera (4-3-1-2): Aditya Harlan (kiper); Nazar Nurzaidin, Donny Monim, Lucas Silva, Ronny Beroperay (belakang); Bayu Pradana, Ady Setiawan, Evan Dimas (tengah); Rizky Pora; Gavin Kwan, Rafael Silva (depan).

Pelatih: Yunan Helmi

 

Video Populer

Foto Populer