Sukses


Prediksi PSS Vs PSM: Tekad Tuan Rumah Kembali ke Jalur Positif

Bola.com, Sleman - PSS Sleman bertekad mengakhiri tren negatif saat menjamu PSM Makassar dalam laga pekan ke-16 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (23/8/2019).

PSS Sleman menjalani dua pertandingan sebelumnya dengan hasil minor. Setelah bermain 1-1 melawan Persela Lamongan di kandang sendiri (15/8/2019), PSS dipaksa menyerah 1-3 dari tuan rumah Tira Persikabo (19/8/2019). Padahal, tiga pertandingan tandang sebelumnya, PSS mencatatkan hasil fantastis.

Skuat besutan Seto Nurdiyantoro tak perlu berlama-lama menyesali hasil dua laga terakhir. Kebangkitan menjadi misi yang diusung Kushedya Hari Yudo dkk. Trio pemain asing dipastikan kembali tampil setelah selesai menjalani skorsing akumulasi kartu.

Alfonso De La Cruz, Guillerme Batata, dan Brian Ferreira bakal diandalkan pelatih Seto Nurdiyantoro. Striker andalan Yevhen Bokhasvili belum pasti tampil karena cedera, namun PSS masih memiliki Kushedya Hari Yudo sebagai alternatif.

Di lini belakang, bek sayap sekaligus kapten tim Bagus Nirwanto juga akan kembali bermain setelah melewatkan tiga pertandingan karena cedera. Ikhwan Ciptady, yang cedera, juga masih ada pelapisnya yakni Asyraq Gufron.

Pelatih PSS, Seto Nurdiyantoro, meminta anak asuhnya untuk memberikan poin penuh kontra PSM, demi memenuhi target di paruh musim. PSS kini cukup nyaman di posisi lima klasemen sementara dan wajib dipertahankan.

"Dengan melihat target pada putaran pertama, mau tidak mau harus menang atas PSM. Harapan kami kalau pemain bisa disiplin, akan bisa meminimalisasi serangan lawan," beber Seto Nurdiyantoro.

Namun, PSS paham tidak akan mudah menaklukkan PSM, yang merupakan satu di antara tim kuat. Tim tamu memiliki modal yang bagus dengan meraih poin penuh dalam dua pertandingan terakhir dan belum lama ini menjadi juara Piala Indonesia 2018.

"Kami perlu mewaspadai lawan secara kolektif, bukan kepada satu dua pemain saja. Apalagi PSM memiliki pemain yang bagus di hampir semua posisi," katanya.

Kapten tim PSS Sleman, Bagus Nirwanto, menginstruksikan rekan-rekannya untuk tampil ngotot demi tiga poin atas PSM. Selain itu, kemenangan atas PSM bakal jadi pengganti poin yang hilang dalam beberapa laga kandang terakhir.

"Kami harus bermain ngotot agar bisa meraih poin penuh. Dukungan suporter juga menambah semangat bertanding," tutur Bagus Nirwanto.

2 dari 3 halaman

Mematahkan Catatan Minor

Dari kubu PSM, sang pelatih, Darije Kalezic, menegaskan skuatnya datang ke markas PSS Sleman dengan target tiga poin. Darije ingin catatan minor PSM di laga tandang terpatahkan di Stadion Maguwoharjo.

Juku Eja sebelum ini hanya memetik satu poin dari empat partai di markas lawan.

Darije tetap optimistis, meski tidak bisa memainkan dua pilar, Rizky Pellu dan Ferdinand Sinaga yang dipanggil memperkuat Timnas Indonesia pada kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Khusus buat lini depan, absennya Ferdinand membuat PSM hanya memiliki satu striker yang siap pakai, yakni Eero Markkanen, karena striker lainnya, Guy Junior, sedang bergelut dengan cedera engkel.

Kalau Markkanen belum berada dalam kondisi terbaiknya, Darije kemungkinan mendorong Wiljan Pluim sebagai 'striker palsu'. Pada musim lalu, Pluim kerap melakoni peran itu ketika PSM masih dibesut Robert Alberts.

"Saya percaya dengan kemampuan Markkanen. Ini kesempatan terbaik buat dia menunjukkan kualitasnya," kata Darije.

Selain Rizky, Ferdinand dan Guy Junior, PSM juga kehilangan penyerang sayap Bayu Gatra yang juga bermasalah pada otot kakinya. Praktis di posisi winger, Darije tinggal bertumpuh pada kecepatan Zulham Zamrun dan M. Rahmat.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

PSS Sleman (4-4-2): Ega Rizky (kiper); Bagus Nirwanto, Alfonso De La Cruz, Asyraq Gufron, Jajang Sukmara (belakang); Guilherme Batata, Dave Mustaine, Brian Ferreira, Irkham Zahrul Mila (tengah); Ricky Kambuaya, Kushedya Hari Yudo (depan)

Pelatih: Seto Nurdiyantoro

PSM Makassar (4-3-3): Rivki Mkodompit; Asnawi, Aaron Evans, Abdul Rahman, Beny Wahyudi; Wiljan Pluim, Marc kKok, M. Arfan;Zulham Zamrun, Eero Markkanen, M. Rahmat

Pelatih: Darije Kalezic

Video Populer

Foto Populer