Sukses


Arema Menilai Waktu Kick-off Laga Kontra Bali United Tidak Ideal

Bola.com, Gianyar - Laga pekan ke-16 Shopee Liga 1 2019 antara Bali United kontra Arema FC terbilang aneh. Pertandingan yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Sabtu (24/8/2019), itu digelar cukup larut malam. Sejumlah pemain Arema pun merasa pertandingan digelar dengan waktu yang kurang ideal.

Pertandingan antara Bali United dan Arema FC yang disiarkan Indosiar ditayangkan pada pukul 20.30 WIB. Artinya pertandingan tersebut digelar di Gianyar pukul 21.30 WIT mengingat perbedaan waktu yang ada. Dengan demikian, pertandingan akan berlangsung kurang lebih hingga pukul 22.30, seperti halnya ketika Liga 1 digelar pada saat Ramadan.

"Sebenarnya pertandingan digelar terlalu malam, tapi tetap harus dijalani," ujar gelandang Arema, Hendro Siswanto.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Agil Munawar. Namun, bek sayap Arema ini punya cara mengantisipasi agar kondisinya tetap terjaga saat bertanding. Ia memilih menggunakan waktu yang panjang sebelum pertandingan untuk beristirahat.

"Saya gunakan waktu siang untuk tidur. Jadi malamnya saat bertanding kondisi badan sudah enak," ujarnya.

Sebagai antisipasi pertandingan yang digelar cukup malam, tim pelatih Arema pun telah melakukan penyesuaian program. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan para pemain dalam kondisi fit ketika bertanding.

"Saat latihan resmi di stadion, kami melakukannya pada pagi hari. Pemain lebih banyak melakukan recovery setelah itu. Jadi ketika bertanding mereka sudah sangat fit," ujar asisten pelatih Arema FC, Kuncoro.

 

2 dari 2 halaman

Program yang Sedikit Berbeda

Biasanya jika Arema FC melakoni pertandingan malam, mereka memilih untuk menggelar latihan sore atau malam sesuai waktu kick off pertandingan. Tapi, kali ini kebiasaan itu sementara tidak dilakukan karena pelatih memilih mengistirahatkan Hamka Hamzah dkk. lebih panjang sebelum pertandingan.

Tim medis Arema menyampaikan jika pertandingan larut malam membutuhkan adaptasi. Meskipun pemain sudah pernah merasakannya pada bulan Ramadan lalu, tapi sekarang mereka harus menjaga kondisi agar tidak lesu ketika bermain larut malam.

Kick off pada waktu seperti itu kan sebenarnya waktu untuk istirahat. Tapi, sekarang harus dipakai bertanding. Semoga pemain sudah siap dan bisa menjalankan instruksi pelatih,” kata dokter tim Arema, Nanang Tri Wahyudi.

Sebenarnya tuan rumah Bali United juga jarang mendapatkan jadwal larut malam seperti ini. Sehingga mereka juga perlu melakukan penyesuaian. Tapi, mereka lebih diuntungkan karena pemainnya sudah hafal dengan kondisi lapangan di Stadion Kapten I Wayan Dipta.

Video Populer

Foto Populer