Sukses


Prediksi PSM Vs Tira Persikabo: Pilihan Juku Eja, Bangkit Atau Terpuruk

Bola.com, Makassar - PSM Makassar wajib menekuk Tira Persikabo pada laga pekan ke-19 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Kamis (19/9/2019). Tiga poin jadi harga mati bila Juku Eja masih ingin bersaing di trek juara, yang kian sulit. 

Kemenangan juga sekaligus mengembalikan kepercayaan suporter yang kecewa setelah PSM Makassar untuk kali pertama takluk di markas sendiri musim ini saat menjamu PSIS  Semarang (11/9/2019).

Jelas tak mudah buat skuat asuhan pelatih Darije Kalezic mewujudkannya. Apalagi pada pertandingan nanti, mereka tidak diperkuat beberapa nama yang  kerap menghiasi formasi starter. Di antaranya, Guy Junior, Amido Balde (cedera), Asnawi Mangkualam, Beny Wahyudi dan Zulham Zamrun  (sanksi kartu).

Darije paham betul dengan situasi yang dialami timnya. Tetapi, mantan pelatih Roda JK Kerkrade ini tetap yakin PSM mampu bangkit. Ia sudah menyiapkan opsi pengganti. Kedalaman materi yang dimiliki PSM membuat Darije tak perlu mengerutkan kening lebih dalam.

Di posisi striker misalnya. Absennya Balde membuat Ferdinand Sinaga kembali mendapatkan tempat pada formasi starter. Begitu pula dengan  Rezky Eka, penyerang sayap muda yang belakangan jadi idola suporter bisa jadi opsi utama pengganti Zulham.

Darije juga berbesar hati dengan kembali fitnya Marc Klok. Hal itu berarti ia bisa kembali memainkan trio paten di tengah; Rizky Pellu, Wiljan Pljuim dan Klok.

"Saya percaya dengan kemampuan pemain yang ada. Mereka tentu tak ingin melewatkan kesempatan mendapatkan menit bermain di PSM," tegas Darije.

Di sisi lain, Darije merasa perlu mengingatkan lini belakang PSM Makassar agar waspada menghadapi ancaman lini depan Tira Persikabo. Tanpa Osas Saha yang terkena sanksi kartu, Tira Persikabo masih memiliki Wawan Febrianto, Ciro Alves, dan Loris Arnaud yang berpotensi besar mencetak gol.

"Tidak ada penjagaan khusus. Saya hanya meminta pemain belakang tampil disiplin," ucap Darije.

2 dari 3 halaman

Resep Sederhana RD

Sementara itu, Tira Persikabo datang ke Makassar dengan mengusung target mengamankan posisi di jalur juara. Pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan, mengakuinya ia tak menyiapkan strategi khusus untuk mewujudkannya.

Mantan pelatih Mitra Kukar ini mengungkap resep sederhananya.  "Kami bermain normal saja. Saya hanya meminta pemain agar tetap fokus sepanjang pertandingan," ungkap Rahmad.

Di mata Rahmad, meski tanpa sejumlah pemain pilar, PSM tetap tim yang solid. "Mereka memiliki kedalaman tim yang bagus dan sudah  dibangun sejak dua musim lalu," kata RD, sapaan akrabnya.

Hal senada dikatakan Angga Saputra, kiper Tira Persikabo. Anggota Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia itu diprediksi bakal jadi 'pemain sibuk' pada pertandingan nanti.

"Itu hal yang normal. Sebagai tuan rumah PSM tentu memburu kemenangan di  kandang sendiri. Sebagai kiper saya tentu harus siap untuk mementahkan peluang mereka," kata Angga.

Tak hanya Angga, duet stopper, Andy Setyo dan Khurshed Beknazarov, harus lebih tenang untuk meredam serangan bergelombang PSM, terutama  tidak banyak melakukan pelanggaran tidak perlu di area 16.

Bila terjadi situasi bola mati, PSM Makasar berpeluang mencetak gol dengan Wiljan Pljuim dan Marc Klok sebagai eksekutor.

3 dari 3 halaman

Data dan Fakta

  • Prakiraan Susunan Pemain

PSM Makassar (4-3-3): Rivky Mokodompit (kiper) Hasim Kipuw, Aaron Evans, Abdul Rahman, Firza Andika (belakang), Wiljan Pluim, Marc Klok, Rizky Pellu (tengah)  Resky Eka, Ferdinand Sinaga, M.Rahmat (depan)

Pelatih: Darije Kalezic

Tira Persikabo (4-3-3): Angga Saputra (kiper) Rifad Marasabessy, Andy Setyo, Khurshed Beknazarov, Abduh Lestaluhu (belakang), Manahati Lestusen, Louis Parfait,  Guntur Triaji (tengah) Wawan Febrianto,Loris Arnaud, Ciro Alves (depan)

Pelatih: Rahmad Darmawan

 

  • 5 Laga Terakhir PSM

15/9/2019: Perseru Badak Lampung vs PSM Makassar 1-1

11/9/2019: PSM Makassar vs PSIS 0-1

1/9/2019:  PSM Makassar vs Persela Lamongan 2-1

28/8/2019: Persija Jakarta vs PSM Makassar 0-0

23/8/2019: PSS Sleman vs PSM Makassar 3-2

 

  • 5 Laga Terakhir Tira Persikabo

14/9/2019: PS Tira vs Persib Bandung 1-1

1/9/2019: PS Tira vs Borneo FC 2-2

25/8/2019: Persela Lamongan vs PS Tira 6-1

19/8/2019: PS Tira vs PSS 3-1

15/8/2019: PS Tira vs Bali United 1-2

 

  • 5 Pertemuan Terakhir PSM vs Tira Persikabo

29/5/2019: PS Tira vs PSM Makassar 0-0

19/9/2018: PS Tira vs PSM Makassar 1-2

21/4/2018: PSM Makassar vs PS Tira 4-3

10/9/2017: PSM Makassar vs PS TNI 4-1

15/5/2017: PS Tira vs PSM Makassar 2-1

Video Populer

Foto Populer