Sukses


Duel Antarlini Barito Putera Vs Persebaya: Seharusnya Jadi Perang Sengit

Bola.com, Surabaya - Duel Barito Putera kontra Persebaya bakal tersaji dalam pekan ke-21 Shopee Liga 1 2019. Pertandingan ini seharusnya bisa menjadi pertemuan panas antarpemain di Stadion Demang Lehman, Martapura, Sabtu malam (28/9/2019).

Sebab, pemain berkualitas menghuni masing-masing tim. Hanya, kedua tim terpisah di klasemen sementara. Persebaya kini menduduki peringkat keenam (30 poin), sedangkan Barito Putera masih terjebak di zona degradasi dengan 16 poin.

Barito Putera juga menghadapi tantangan besar di markas sendiri. Dalam dua laga kandang terakhir, mereka selalu kalah, bahkan dengan skor mencolok. Masing-masing 0-4 dari Persipura Jayapura (23/8/2019) dan 1-4 dari Bhayangkara FC (18/9/2019).

Tim berjulukan Laskar Antasari itu juga menjadi tim yang paling banyak kebobolan di Liga 1 2019. Dalam 20 pertandingan,  40 gol bersarang ke gawang mereka.

Hal itu berarti mereka kebobolan dua gol dalam setiap laga. Barito Putera juga telah melewati delapan pertandingan terakhir dengan selalu kebobolan.

Hal berbeda ditampilkan Persebaya. Tim berjulukan Bajul Ijo itu datang dengan modal yang sangat positif.

Persebaya tercatat sudah melewati enam pertandingan terakhir tanpa terkalahkan, masing-masing tiga kandang dan tandang. Dua laga kandang terakhir dilewati dengan hanya meraih hasil seri. 

David da Silva dkk. justru garang dalam melakoni partai tandang. Dari empat laga tandang terakhir, Bajul Ijo berhasil memetik tiga kemenangan. Semuanya dengan skor yang cukup meyakinkan, yaitu menang 3-1 atas Badak Lampung (20/8/2019), 2-0 atas Bhayangkara FC (31/8/2019), dan mempermalukan PSIS 4-0 (20/9/2019).

Catatan itu membuat duel ini akan terkesan timpang. Padahal, di atas kertas, kualitas kedua tim tidak jauh berbeda.

Lantas, siapa saja pemain yang akan memegang peranan penting dalam laga nanti? Berikut ini duel antarlini yang bakal terjadi dalam laga Barito Putra kontra Persebaya versi Bola.com

2 dari 4 halaman

Belakang

Barito Putera memiliki beberapa pemain yang cukup apik di barisan pertahanan. Mereka adalah Gavin Kwan, Cassio de Jesus, Dandi Maulana, dan Rony Beroperay. Mereka sebenarnya cukup solid saat tim fokus memainkan compact defense.

Tetapi, lini belakang Persebaya kini memiliki tembok tangguh. Abu Rizal, Otavio Dutra, Hansamu Yama, dan Ruben Sanadi adalah barisan pertahanan yang rapat. Dua nama terakhir merupakan pemain Timnas Indonesia.

Permainan apik keempat pemain itu yang membuat Persebaya tidak kebobolan di laga tandang terakhir di kandang PSIS (20/9/2019). Kemungkinan keempatnya bakal kembali masuk starting eleven.

3 dari 4 halaman

Tengah

Dari tiga lini di tim Barito Putera, lapangan tengah terlihat memiliki nama-nama yang sebenarnya tidak boleh dipandang sebelah mata. Sebut saja Evan Dimas, Bayu Pradana, Kosuke Uchida, hingga Paulo Sitanggang.

Kehadiran mereka seharusnya bisa membuat lini tengah berani berduel memainkan bola melawan deretan geladang Persebaya.

Lini tengah Persebaya sedang tampil apik karena kebaradaan beberapa pemain baru. Pemain asal Australia, Aryn Williams, menjadi gelandang bertahan yang mampu menyapu setiap upaya serangan lawan.

Kemungkinan, Aryn akan ditemani Rachmat Irianto lagi untuk menjadi gelandang bertahan. Satu pemain di gelandang serang bakal diisi Diogo Campos, yang masih jadi pengatur serangan andalan untuk membongkar pertahanan lawan.

4 dari 4 halaman

Depan

Barito Putera memiliki seorang striker lokal yang tergolong tajam, Samsul Arif Munip. Dia bakal bekerja dengan Fransisco Torres atau Rafael Silva untuk membobol setiap lawan.

Tetapi, ketajaman lini serang Persebaya kini sedang menjadi kekhawatiran bagi calon lawan. Pasalnya, mereka mampu melesakkan empat gol ke gawang PSIS dalam laga tandang. Kehadiran David da Silva mampu membuat Persebaya benar-benar tampil agresif.

Hanya, mereka tak bisa menurunkan Osvaldo Haay, yang terkena akumulasi kartu. Sebagai pengganti, kemungkinan Bajul Ijo bakal menurunkan Irfan Jaya yang baru sembuh cedera, serta Oktafianus Fernando yang juga memiliki kecepatan dalam dribel.

Video Populer

Foto Populer