Sukses


Persija dan PSM, Klub dengan Laga Tunda Terbanyak di Shopee Liga 1 2019

Bola.com, Jakarta - Shopee Liga 1 2019 sejatinya sudah menyelesaikan pekan ke-22 yang berakhir pada Sabtu (5/10/2019). Namun, masih ada klub yang belum genap menyelesaikan jumlah pertandingan pada pekan tersebut, semisal Persija Jakarta dan PSM Makassar.

Kedua tim sejauh ini baru memainkan 19 pertandingan. Artinya, Persija Jakarta dan PSM masing-masing memiliki tiga laga tunda.

Laga-laga yang belum digelar tersebut ada di antaranya yang berasal dari putaran pertama. Situasi ini sebenarnya tak mengherankan karena Persija dan PSM adalah tim yang paling sibuk pada musim ini.

Persija dan PSM sama-sama bermain di Piala AFC 2019 dan menjadi finalis Piala Indonesia 2018. Adanya kegiatan dalam dua turnamen tersebut membuat banyak laga Shopee Liga 1 2019 yang melibatkan kedua tim mengalami penundaan.

Persija memiliki laga tunda melawan Semen Padang yang sejatinya digelar pada 21 Juli 2019. Laga bertajuk pekan ke-10 itu harus ditunda karena Persija saat itu sedang dalam persiapan leg pertama Piala Indonesia 2018.

Penundaan juga dialami Persija untuk laga kandang melawan Borneo FC pada pekan keempat dan Persela Lamongan pada pekan ke-22. Kedua laga yang sejatinya akan digelar awal Oktober lalu harus ditunda karena tidak mendapatkan izin dari pihak Kepolisian.

Situasi ini sebenarnya membawa dampak negatif dan positif buat Persija Jakarta. Dampak negatifnya adalah klub berjuluk Macan Kemayoran semakin tertinggal dari klub lainnya dan saat ini masih tercecer di peringkat ke-14 dengan raihan 20 poin.

Adapun dampak positifnya adalah semua laga digelar di kandang dan Persija Jakarta bisa mengukur kekuatan tim untuk bisa kembali bersaing jika memenangi semua laga tunda. Namun, situasi tersebut tak banyak membawa dampak karena hanya akan memperbaiki posisi Persija ke papan tengah klasemen.

2 dari 3 halaman

Wajib Sapu Bersih

Sementara itu, laga tunda yang dimiliki PSM Makassar adalah menghadapi Arema FC, Kalteng Putra, dan Persipura Jayapura. Laga melawan Arema sejatinya digelar pada pekan kelima, namun harus ditunda karena PSM ketika itu akan tampil di semifinal Piala AFC Zona ASEAN.

Laga tandang melawan Kalteng Putra sejatinya digelar pada pekan ke-10. Namun, laga tersebut ditunda karena PSM Makassar harus melakukan persiapan untuk tampil di final Piala Indonesia 2018 menghadapi Persija Jakarta.

Adapun laga melawan Persipura yang sejatinya digelar pada pekan ke-22 ditunda karena terkendala izin keamanan. Adanya penundaan laga ini membuat PSM wajib menyapu bersih semuanya dengan kemenangan.

Hal itu dilakukan sebagai modal untuk memperbaiki peringkat di tabel klasemen. Saat ini, PSM Makassar masih tercecer di papan tengah yakni peringkat kesembilan dengan raihan 27 poin.

3 dari 3 halaman

Jadwal Laga Tunda

Persija Jakarta

1 Persija Jakarta Vs Semen Padang (16/10/2019)

2. Persija Jakarta Vs Persela Lamongan (Belum ditentukan)

3. Persija Jakarta Vs Borneo FC (Belum ditentukan)

PSM Makassar

1. PSM Makassar Vs Arema FC (16/10/2019) pekan kelima

2. Kalteng Putra Vs PSM Makassar (Belum ditentukan)

3. PSM Makassar Vs Persipura Jayapura (Belum ditentukan)

Video Populer

Foto Populer