Sukses


Curi 3 Poin di Kandang PSM, Gol Tunggal Marko Simic Bawa Persija Keluar dari Zona Bahaya

Bola.com, Makassar - Persija Jakarta berhasil mencuri tiga poin penuh dalam lawatan ke Makassar pada pekan ke-23 Shopee Liga 1 2019, Minggu (20/10/2019). Menghadapi PSM Makassar, Persija menang 1-0 berkat gol tunggal Marko Simic, yang membuat Macan Kemayoran berhasil keluar dari zona bahaya.

Persija Jakarta sebenarnya sudah tampak mendominasi di awal laga. Peluang emas didapatkan Persija Jakarta pada menit ke-10 lewat tembakan Marko Simic. Melalui situasi tendangan bebas, Simic melepaskan tembakan menuju sudut kiri gawang PSM yang masih bisa dihalau dengan baik oleh Rivky Mokodompit.

Persija tergolong lebih banyak mendominasi permainan dan melakukan serangan dalam 20 menit pertandingan berjalan. Bahkan sebuah peluang emas didapatkan Persija pada menit ke-19, yang sayangnya gagal dimaksimalkan oleh Marko Simic di dalam kotak penalti PSM.

Sejumlah peluang juga didapatkan oleh tim tuan rumah. Wiljan Pluim dkk. memang tidak ingin ditekan begitu saja. Serangan demi serangan pun dibangun oleh tim berjulukan Juku Eja hingga akhirnya gawang Persija bobol oleh Ferdinand Sinaga pada menit ke-29.

Beruntung bagi Persija, gol Ferdinand Sinaga dianulir oleh wasit, yang melihat asisten wasit sudah lebih dulu mengangkat bendera. Ferdinand Sinaga sudah lebih dulu dianggap dalam posisi offside.

Baik PSM Makassar dan Persija Jakarta pun saling menyerang dalam sisa waktu di babak pertama. Namun, hingga paruh pertama pertandingan usai, kedudukan imbang tanpa gol menjadi penutup.

2 dari 3 halaman

Marko Simic Sang Pembeda

Babak kedua pertandingan di Stadion Andi Mattalatta, Mattoangin, Makassar, berlangsung makin ketat. Baik tim tuan rumah maupun tamunya sama-sama tak ingin menyerah. Serangan demi serangan datang dari kedua tim yang sama-sama agresif mengincar gol pembuka dalam pertandingan ini.

Amido Balde membuang peluang emas yang didapatkan PSM pada menit ke-76. Striker PSM itu mendapatkan umpan silang yang matang dari Wiljan Pluim. Sayang tandukan yang dilepaskan dalam kondisi tanpa kawalan itu tidak mampu dimaksimalkannya.

Sementara itu, Persija Jakarta langsung melakukan serangan balasan yang dilakukan oleh Riko Simanjuntak dari sisi kiri lapangan. Riko melakukan penetrasi hingga ke dalam kotak penalti dan melepaskan tendangan lambung yang tak mampu dihalau Rivky Mokodompit. Tapi, sayang tembakan itu masih membentur mistar gawang.

Bahkan Marko Simic mendapatkan peluang emas pada menit ke-78. Sayang, tembakan kaki kiri Simic yang menerima umpan lambung dari belakang masih belum mampu menjadi pembeda dalam pertandingan ini.

Intensitas pertandingan makin tinggi dalam 10 menit terakhir. Serangan demi serangan yang dibangun kedua tim mampu memberikan ancaman serius bagi lini pertahanan lawan.

Akhirnya Persija mampu membuka keunggulan lewat gol cantik yang dicetak Marko Simic pada menit ke-85. Striker asal Kroasia itu melepaskan tendangan dari luar kotak penalti yang melambung dan jatuh tepat di bawah mistar gawang PSM dan tak mampu dihalau oleh Rivky Mokodompit.

Berhasil unggul satu gol, Persija justru makin termotivasi untuk menekan lini pertahanan PSM Makassar. Marko Simic hampir saja mencetak gol keduanya pada menit ke-87, tapi Rivky Mokodompit mampu menggagalkan peluang tersebut.

Peluang emas PSM hadir pada menit ke-90 lewat tendangan keras Wiljan Pluim. Sayang, suporter tim tuan rumah masih harus merasa kecewa karena tembakan kapten PSM itu masih melebar di sisi kanan gawang Persija.

Hingga pertandingan berakhir, tak ada tambahan gol yang tercipta. Persija Jakarta pun sukses membawa pulang tiga poin penuh dari Makassar. Dengan tambahan tiga poin ini, Persija pun meninggalkan zona bahaya dengan mengoleksi 23 poin dari 21 laga.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

PSM Makassar: Rivky Mokodompit (kiper); Aaron Evans, Beny Wahyudi, Asnawi Mangkualam Bahar (belakang); Arfam, Rizky Eka Pratama, Raphael Maitimo, Rizky Pellu, Wiljan Pluim (tengah); Ezra Walian, Ferdinand Sinaga (depan)

Pelatih: Darije Kalezic

Persija Jakarta: Andritany Ardhiyasa (kiper); Zandao, Fachruddin Aryanto, Rezaldi Hehanussa, Novri Setiawan (belakang); Ramdani Lestaluhu, Rohit Chand, Sandi Sute (tengah); Riko Simanjuntak, Heri Susanto, Marko Simic (depan)

Pelatih: Edson Tavares

Video Populer

Foto Populer