Sukses


Menanti Tuah Lapangan Rumput Sintesis untuk Timnas Indonesia U-22 Saat SEA Games 2019

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-22 akan tampil di lapangan yang menggunakan rumput artificial alias sintesis saat berlaga di SEA Games 2019. Kondisi ini menjadi berkah sekaligus musibah buat pasukan Indra Sjafri.

Jenis rumput artificial memang jarang digunakan untuk pertandingan resmi di Indonesia. Hal itulah yang membuat banyak pemain Timnas Indonesia U-22 belum terbiasa bermain di lapangan yang menggunakan rumput buatan tersebut.

Selain belum berpengalaman, rumput artificial juga sangat tidak nyaman ketika bermain pada siang dan sore hari. Rumput tersebut tidak dapat menyerap sinar matahari yang membuat kondisi permukaan lapangan bisa menjadi sangat panas.

Banyak pemain lebih mudah lelah jika bermain di rumput artificial. Tentu saja ini menjadi tantangan tersendiri buat Timnas Indonesia U-22 asuhan Indra Sjafri.

Namun, Timnas Indonesia U-22 sejatinya punya pengalaman bagus bermain di rumput sintesis. Pada Piala AFF U-22 2019 yang digelar di Phnom Penh, Kamboja, venue pertandingan ketika itu menggunakan rumput sintesis.

Faktanya  Timnas Indonesia U-22 mampu meraih gelar juara. Padahal, Timnas Indonesia U-22 lebih sering memainkan laga pada sore hari di tengah kondisi matahari terik dan hanya sekali bermain malam saat laga final.

"Yang jelas rumput sintesis berpengaruh ke pemain yang juga harus beradaptasi dengan menyiapkan sepatu yang tepat. Kenapa harus berlatih di lapangan sintetis, karena semua pertandingan di SEA Games nanti akan digelar di lapangan sintetis," kata Indra Sjafri yang mulai membiasakan pemainnya bermain di lapangan dengan rumput buatan.

Jadi, bermain di lapangan dengan rumput sintesis tak selamanya menjadi momok menakutkan buat Timnas Indonesia U-22. Berbekal dengan pengalaman tersebut, Indra Sjafri kini hanya harus membiasakan para pemainnya untuk bermain di rumput buatan tersebut.

2 dari 2 halaman

Tim Tetangga Sudah Sidak

Berbeda dengan Timnas Indonesia U-22, Malaysia sudah langsung mengadakan sidak ke venue pertandingan sepak bola di SEA Games 2019. Pelatih Ong Kim Swee langsung terbang ke Manila untuk melihat kondisi rumput lapangan.

Pelatih Ong Kim Swee juga cukup puas dengan jenis rumput sintesis di Manila. Jadi, pelatih berusia 48 tahun itu sama sekali tidak khawatir dengan penampilan timnya pada SEA Games 2019 mendatang.

"Sudah ke Manila untuk melihat sendiri kondisi lapangan sintetis di sana. Saya lihat, kondisinya memuaskan. Lapangan sintentis itu ada beberapa jenis, dan apa yang saya temukan di Manila memiliki tingkat yang sangat baik," ujar Ong Kim Swee, dikutip dari Berita Harian.

Lorenzo Akhiri Karier di Posisi Ke-13, Marquez Juara di Valencia

Video Populer

Foto Populer