Sukses


Prediksi Persela Vs Persebaya: Misi Penyelamatan Diri

Bola.com, Lamongan - Persela Lamongan memulai misi penyelamatan diri dari zona degradasi. Setidaknya dimulai dengan laga menjamu Persebaya Surabaya di Stadion Surajaya, Lamongan dalam laga pekan ke-24 Shopee Liga 1 2019, Rabu (23/10/2019).

Setelah menghadapi Persebaya, Persela Lamongan dijadwalkan secara beruntun akan menghadapi Kalteng Putra (27/10/2019) dan Bali United (31/10/2019) dalam partai tandang, dilanjutkan menjamu Barito Putera (4/11/2019), sebelum libur panjang sesuai kalender FIFA.

Persela baru bertanding lagi pada 20 November 2019, sehingga sebelum libur selama dua pekan itu, Laskar Joko Tingkir ingin mendulang poin sebanyak mungkin.

"Kami akan naik satu per satu di tangga klasemen, satu pertandingan ke pertandingan lain," ujar Nilmaizar, pelatih Persela.

Persela butuh banyak poin karena saat ini ada di peringkat ke-17 atau di atas dasar klasemen sementara Liga 1 2019 dengan poin 20 dari 22 pertandingan. 

Pada laga sebelumnya, Persela menelan kekalahan 0-1 di kandang sendiri dari PSIS Semarang (18/10/2019). Poin yang hilang itu harus mendapat ganti dari duel menjamu Persebaya.

Peluang tetap terbuka, apalagi tim tamu datang tanpa komposisi lengkap dan juga baru kalah telak 1-4 dari Persib Bandung (18/10/2019).

Persebaya datang tanpa empat pemain, yakni Otavio Dutra, Misbakus Solikin, dan Osvaldo Haay yang masih membutuhkan perawatan cedera. 

Gelandang asal Brasil, Diogo Campos, juga tidak bisa membantu rekan-rekannya karena mendapat dua kartu kuning. Situasi itu diperparah dengan belum ada kepastian apakah striker David da Silva bisa tampil atau tidak.

"Persebaya tetap tim dengan kekuatan mumpuni, meski baru kalah. Mereka punya pemain bagus, dan kami akan mewaspadai mereka seluruhnya," imbuh Nilmaizar.

Untuk mewujudkan target kemenangan, Nilmaizar harus lebih bekerja keras menerapkan taktik terbaik, termasuk menyusun komposisi terbaik mengingat dua pemain pilarnya, Eky Taufik dan Samsul Arifin, absen masing-masing karena cedera dan menjalani hukuman akumulasi kartu.

"Ini pertandingan signifikan buat Persela Lamongan. Ini bisa jadi titik balik. Saya berharap seluruh pemain bertekad memaksimalkan kemampuan sehingga dapat hasil yang lebih baik," ucap Nilmaizar.

2 dari 3 halaman

Persiapan Singkat

Di sisi lain, Persebaya memang datang tanpa empat pemain andalan, namun Bajul Ijo bisa menurunkan penyerang sayap Irfan Jaya setelah di laga sebelumnya mendapat larangan bertanding akibat hukuman akumulasi kartu. Pemain satu ini adalah top scorer sementara tim dengan koleksi tujuh gol.

"Kami harus percaya diri dan pemain harus mengikuti instruksi pelatih 100 persen. Kepercayaan kepada teman-teman itu yang akan menjadi kunci menang di Lamongan," kata Wolfgang Pikal, pelatih Persebaya.

Persebaya tak banyak melakukan persiapan untuk pertandingan melawan Persela Lamongan ini. Setelah kalah dari Persib, Bajul Ijo malah libur latihan selama dua hari pada Sabtu dan Minggu (19-20/10/2019).

Skuat Bajul Ijo baru berlatih untuk memantapkan persiapan pada Senin (21/10/2019). Selama latihan itu, tim lebih banyak berbicara untuk membuka hati dan pikiran pemain setelah menelan kekalahan.

"Kami hanya fokus pada recovery, soalnya waktu cuma tiga hari kami sudah main lagi. Kami lakukan pertemuan kecil untuk lakukan sharing, untuk buka hati dan otak pemain dengan harapan agar tim lebih baik lagi," imbuh Pikal.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Persela Lamongan (4-2-3-1): Dwi Kuswanto (kiper); Lukas Guruh, Arif Satria, M. Zaenuri, Birrul Walidainm(belakang); Lucky wahyu, Kei Hirose, Izmy Hatuwe, Sugeng Efendi, Rafael  Gomes (tengah); Alex Goncalves (depan)

Pelatih: Nilmaizar

Persebaya Surabaya (4-3-3): Miswar Saputra (kiper); Abu Rizal Maulana, Hansamu Yama, Mokhamad Syaifuddin, Ruben Sanadi (belakang); Muhammad Hidayat, Aryn Williams, Fandi Eko Utomo (tengah); Oktafianus Fernando, David da Silva, Irfan Jaya (depan)

Pelatih: Wolfgang Pikal

Video Populer

Foto Populer