Sukses


Duel Antarlini PSM vs Madura United: Perang Bintang di Mattoangin

Bola.com, Makassar - Duel tim bermateri pemain bintang bakal terjadi saat PSM Makassar menjamu Madura United pada pekan ke-24 Shopee Liga 1 di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Kamis (24/10/2019).

Tak mudah menebak hasil akhir pertandingan ini. Karena status tuan rumah bagi PSM tak lagi dijadikan acuan musim ini. Dimana Juku Eja, sudah dua kali kalah di markas sendiri.

Terakhir, skuat Darije Kalezic ditaklukkan Persija Jakarta 0-1 (20/10/2019). Sebaliknya, Madura United baru saja meraih tiga poin di kandang Semen Padang setelah menang 2-1 di Stadion Agus Salim (20/10/2019).

Praktis, ditengah jadwal yang mepet, tidak banyak yang bisa dilakukan kedua tim selain menjaga kondisi dan motivasi pemain jelang laga. Seperti yang dilakukan PSM yang tengah was-was menunggu perkembangan pemulihan cedera engkel kaki kanan sang kapten, Wiljan Pluim.

Sosok Pluim sangat dibutuhkan Juku Eja. Perannya sangat sentral. Bila Pluim kehilangan sentuhan akibat cedera dan kawalan ketat lawan, kualitas serangan PSM langsung menurun drastis.

Situasi ini jelas tak diinginkan oleh PSM karena Madura United menyimpan potensi besar mengalahkan Juku Eja sejalan dengan makin membaiknya penampilan Diego Assis. Gocekan dan umpan eks Persela ini bakal memanjakan trio penyerang Aleksander Rakic, Greg Nwonkolo dan Beto Goncalvez.

Lantas, siapa saja pemain di setiap lini yang akan memegang peranan penting dalam laga nanti? Berikut ini duel antarlini yang bakal terjadi dalam laga PSM Makassar melawan Madura United versi Bola.com:

2 dari 4 halaman

Belakang

PSM Makassar bisa memainkan Hasim Kipuw yang absen saat PSM ditekuk Persija 0-1 (20/10/2019). Kehadiran Kipuw diharapkan jadi solusi di posisi bek sentral setelah Abdul Rahman harus menjalani perawatan untuk memulihkan cederanya.

Kipuw akan berduet dengan Aaron Evans. Sementara Beny Wahyudi dan Taufik Hidayat bakal menempati dua sisi bek sayap.Empat bek sejajar PSM bakal kerja keras untuk meredam trio lini depan Madura United, Aleksander Rakic, Greg Nwonkolo dan Beto Goncalvez.

Dalam situasi ini, Juku Eja membutuhkan sosok gelandang bertahan yang kuat.Beruntung buat PSM, mereka kembali diperkuat Marc Klok yang baru saja menjalani sanksi akumulasi kartu.

Sebaliknya, duet stoper Madura United, Ante Bakmaz dan Kadek Raditya harus fokus mewaspadai serangan PSM lewat bola-bola atas. Pada pertandingan ini, pelatih PSM, Darije Kalezic memainkan striker berpostur tinggi besar Juku Eja Amido Balde sejak menit awal.

3 dari 4 halaman

Tengah

PSM Makssar masih menunggu perkembangan terakhir cedera engkel Wiljan Pluim. Bila sang kapten direkomendasi bisa tampil, maka lini tengah Juku Eja kembali solid sejalan dengan kembalinya Marc Klok yang absen saat menjamu Persija.

Duet Marc Klok dan Rizky Pellu sebagai gelandang jangkar bakal membuat Pluim lebih fokus membantu serangan.

Bila Pluim kesulitan melepaskan diri dari kawalan lawan, Klok dan Pellu bisa bergantian masuk di area 16 Madura United. Pergerakan keduanya kerap berbuah gol buat PSM.

Secara taktik, cara bermain lini tengah Madura United hampir mirip dengan PSM. Mereka mengandalkan duet jangkar pada diri Zulfiandi dan Guntur Ariyadi yang menopang Diego Assis yang beperan sebagai gelandang serang. Bedanya hanya dari segi agresivitas. Duet jangkar PSM, Klok dan Pellu lebih dominan.

4 dari 4 halaman

Depan

Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic kemungkinan besar memainkan Amido Balde sejak menit awal. Eks striker Glasgow Celtic ini sudah pulih dari cedera hamstring.

Kehadiran Balde dibutuhkan untuk menghadapi bek berpostur besar Madura United. Selain Balde, Darije masih memiliki opsi pada diri Ferdinand Sinaga yang dikenal liat dan agresif di kotak penalti lawan.

Sementara dari sisi sayap, Zulham Zamrun berpeluang mengganti peran Ezra Walian. Sedang Rizky Eka Pratama kembali jadi tumpuan PSM untuk mengoyak pertahanan Madura United dari sisi sayap.

Madura United kembali mengandalkan Beto Goncalevez sebagai tombak utama. Sementara Aleksander Rakic dan Greg Nwokolo sebagai penopang. Di lini ini, Madura United memiliki Andik Vermansyah yang tak kalah garang.

Kalau lini depan Madura United tampil normal, maka lini belakang PSM bakal medapat kesulitan. Sejauh ini, Madura United jadi klub yang paling produktif di pentas Shopee Liga 1 dengan koleksi 42 gol sama dengan PS Tira Persikabo.

11 Menit Cetak Hattrick, Diogo Jota Bisa Menjadi Pilihan di FPL

Video Populer

Foto Populer