Sukses


    10 Stadion yang Disiapkan Indonesia untuk Piala Dunia U-20 2021

    Bola.com, Jakarta - Indonesia resmi menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. PSSI telah menyiapkan 10 stadion untuk ajang dua tahunan tersebut.

    Sepuluh stadion itu ialah Stadion Utama Gelora Bung Karno, Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Stadion Manahan, Solo, Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

    Kemudian Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang.

    Bila dibandingkan dengan tuan rumah Piala Dunia U-20 2019, Polandia, Indonesia unggul dari sisi venue. Di Polandia, ada enam stadion yang menjadi venue pertandingan. Stadion kapasitas terbesar yang digunakan hanya 20.247 penonton, yakni Stadion Zdzisław Krzyszkowiak di Bydgoszcz. 

    Letak stadion di Polandia juga lumayan jauh. Sebagai contoh, Stadion GOSiR di kota Gdynia terletak di pesisir utara Polandia, sementara venue lain, Stadion Miejski, terletak di wilayah paling selatan, berbatasan dengan Republik Ceska dan Slovakia. Jarak dua stadion itu 596 km dan bisa ditempuh dengan waktu 8 jam dengan kereta api dan penerbangan 1,5 jam.

    Di Jabodetabek saja, Hanya butuh waktu 1,5 jam dari SUGBK ke Stadion Pakansari, Cibinong. Untuk ke Bandung, juga bisa ditempuh dalam waktu tiga jam dengan kereta api. Fasilitas akomodasi di tiap titik stadion juga sudah mendukung.

    Ditambah lagi, Indonesia bisa mengandalkan kereta api cepat Jakarta-Bandung yang ditargetkan rampung pada Maret 2021, untuk mendukung perjalanan tim.

    Dalam bidding tuan rumah Piala Dunia U-20 2021, Indonesia menyingkirkan Brasil dan Peru. Sebelumnya, lima negara pesaing, yakni Bahrain, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab (tuan rumah bersama), Myanmar dan Thailand (tuan rumah bersama), mundur dari bidding.

    2 dari 11 halaman

    1. Stadion Utama Gelora Bung Karno

    Stadion Utama Gelora Bung Karno bakal menjadi primadona PSSI untuk maju dalam pemilihan tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

    Dengan kapasitas 77.193 penonton dan fasilitas terbaru setelah direnovasi untuk Asian Games 2018, SUGBK diharapkan bisa menjadi pertimbangan FIFA untuk menunjuk Indonesia.

    Ditambah lagi, fasilitas di komplek Senayan juga semakin lengkap setelah digunakan untuk Asian Games. Soal akomodasi, klub peserta juga akan dimudahkan karena terletak di pusat kota.

    3 dari 11 halaman

    2. Stadion Patriot Candrabhaga

    Sebagai kandang alternatif Timnas Indonesia, Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, juga sangat layak menjadi venue Piala Dunia U-20 2021. 

    Stadion ini sudah berpengalaman menjadi tuan rumah berbagai ajang, termasuk Asian Games 2018.

    4 dari 11 halaman

    3. Stadion Wibawa Mukti

    Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, juga menjadi kandang alternatif Timnas Indonesia dan layak untuk menggelar laga internasional. Bangunan stadion ini modern dan memiliki fasilitas bagus, mulai ruang ganti pemain hingga area kerja untuk jurnalis.

    5 dari 11 halaman

    4. Stadion Pakansari

    Stadion Pakansari di Cibinong, Kabupaten Bogor, punya rekam jejak bagus sebagai venue final sepak bola Asian Games 2018 antara Korea Selatan versus Jepang.

    Stadion ini juga menjadi markas Timnas Indonesia di Piala AFF 2016. 

    6 dari 11 halaman

    5. Stadion Mandala Krida

    PSSI menyiapkan Stadion Mandala Krida yang baru saja direnovasi. Stadion Mandala Krida Baru ini akan disempurnakan pada 2020. Di antaranya lampu stadion dan penerangan jalan, kursi tribune (single seat), dan pusat jajanan makanan serta minuman di lingkungan stadion

    7 dari 11 halaman

    6. Stadion Manahan

    Beranjak ke Kota Solo. Stadion Manahan, yang sedang dalam tahap renovasi, juga menjadi venue pertandingan Piala Dunia U-20. Terletak di pusat kota, akses ke stadion ini sangat mudah.

    Stadion Manahan sudah berpengalaman menjadi venue ajang internasional termasuk menjadi kandang alternatif Timnas Indonesia.

    8 dari 11 halaman

    7. Stadion Gelora Bung Tomo

    Stadion Gelora Bung Tomo sebagai markas Persebaya Surabaya diajukan PSSI untuk menjadi venue Piala Dunia U-20 2021. Dengan kapasitan 55.000 penonton, GBT punya pesona tersendiri di wilayah Jawa Timur.

    9 dari 11 halaman

    8. Stadion Gelora Sriwijaya

    Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang, direkomendasikan untuk menjadi venue pertandingan Piala Dunia U-20 2021. Gelora Sriwijaya pernah menjadi tuan rumah SEA Games 2011, Asian Games 2018, dan Islamic Solidarity Games 2013.

    10 dari 11 halaman

    Stadion Si Jalak Harupat

    Stadion Si Jalak Harupat masuk dalam daftar rencana PSSI untuk Piala Dunia U-20 2021. Terletak di Soreang, Kabupaten Bandung, stadion ini sangat strategis untuk masuk skema venue.

    Stadion kandang Persib Bandung ini juga beberapa kali menjadi arena pertandingan Timnas Indonesia dan masuk dalam daftar venue cabang sepak bola Asian Games 2018.

    11 dari 11 halaman

    Stadion I Wayan Dipta

    Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, yang menjadi markas Bali United, baru-baru ini menjadi kandang alternatif Timnas Indonesia.

    Terletak di Bali, stadion ini menjadi keunggulan sebagai pendamping SUGBK. Faktor utama yang mendukung ialah banyaknya pesawat dari luar negeri yang direct ke Denpasar.

    Video Populer

    Foto Populer