Sukses


Pelatih Persib Sambut Hangat Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021

Bola.com, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, menyambut positif keputusan FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Menurutnya, kepercayaan FIFA terhadap Indonesia berimplikasi bagus dan positif terhadap penyediaan sarana stadion maupun lapangan di Indonesia.

"Itu bagus. Saya juga pernah melihat Malaysia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Dan yang terjadi di Malaysia, mereka memperbaiki stadion untuk memenuhi standar FIFA, itu hal yang positif," kata Robert, Jumat (25/10/2019), di Bandung.

Namun, Robert menambahkan, hal besar lainnya yang harus diperhatikan adalah perawatan stadion setelah turnamen berlangsung. Ada hal positif ketika suatu negara mendapatkan kepercayaan menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Tetapi, kata dia, yang jadi pekerjaan rumah adalah bagaimana merawat standar stadion itu untuk terus sesuai standar FIFA.

"Itu akan sangat bagus. Akan ada banyak stadion dengan lapangan yang bagus dan juga fasilitasnya," ucap pelatih asal Belanda ini.

Disinggung kemungkinan Beckham Putra Nugraha masuk Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2021, pelatih berusia 64 tahun ini hanya berharap yang terbaik bagi anak asuhnya tersebut.

"Karena ketika saya menjadi pelatih junior timnas Korea Selatan, Korea dan Jepang mempunyai filosofi, mereka harus bermain di Piala Dunia U-17 atau U-21," ungkap Robert.

"Jadi, mereka punya antusiasme untuk itu supaya pemain punya pengalaman bermain di level Piala Dunia pada usia muda dan membuat mereka lapar untuk mencicipi Piala Dunia level senior. Itu hal yang bagus. Jika Indonesia bisa seperti itu, saya rasa itu akan sangat fantastis," tambah eks pelatih PSM Makassar dan Arema ini.

2 dari 2 halaman

10 Stadion Calon Venue

FIFA telah memutuskan menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 dalam council meeting di Shanghai, Kamis (24/10/2019).

Dalam bidding tersebut, Indonesia berhasil mengalahkan Arab Saudi, Uni Emirate Arab, Bahrain, Myanmar, Thailand, Brasil, serta Peru.

Untuk menunjang perhelatan Piala Dunia U-20 2021, PSSI telah menyiapkan 10 stadion, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno, Stadion Pakansari Kabupaten Bogor, Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Stadion Wibawa Mukti Kabupaten Bekasi, Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung.

Selain itu, ada juga Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Tomo, Yogyakarta, Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, dan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang.

Video Populer

Foto Populer