Sukses


Persebaya Sesalkan Penundaan Laga Kontra PSM

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya sudah siap berangkat ke Balikpapan. Mereka dijadwalkan menjamu PSM Makassar dalam pekan ke-26 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Batakan, Balikpapan, Sabtu (2/11/2019).

Rencananya, Ruben Sanadi dkk. akan berangkat dari Surabaya pada Jumat (1/11/2019) pagi. Namun, mereka harus membatalkannya karena pertandingan itu berpotensi ditunda.

Penyebabnya, PT LIB selaku operator Liga 1 2019 mengirim surat bernomor 426/LIB/X/2019 kepada manajemen Persebaya dan PSM. Mereka menyampaikan status pertandingan itu terancam ditunda yang ditandatangani Direktur PT LIB Dirk Soplanit, 31 Oktober 2019.

"Menindaklanjuti surat Klub Persebaya nomor: 156/PT.PI-X/2019 perihal Pemberitahuan tertanggal 30 Oktober 2019, surat Klub PSM Makassar nomor: 142/PSM-ADM/X/2019 perihal Surat Penyampaian Keberatan tertanggal 31 Oktober 2019 serta memperhatikan komunikasi antara LIB, manajemen Klub Persebaya dan manajemen Klub PSM Makassar serta tidak tercapainya kesepakatan antara kedua Klub, bersama ini PT. Liga Indonesia Baru (LIB) menyampaikan terkait status pertandingan Shopee Liga 1 2019 antara PERSEBAYA vs PSM Makassar yang sedianya dilaksanakan pada tanggal 2 November 2019 akan dikembalikan sepenuhnya kepada PSSI berdasarkan implementasi hasil emergency meeting Shopee Liga 1 2019 dan menunggu keputusan dari PSSI."

Sebelumnya, PT LIB telah mengirim surat bahwa laga ini tidak bisa ditunda. Sebab, hasil emergency meeting di Bali, 12 Oktober 2019, yang dihadiri para manajemer klub Liga 1 menyebut pertandingan tidak boleh lagi ditunda.

"Kami menyesalkan surat itu (pemberitahuan dari PT LIB). Sampai sekarang kami dalam kondisi siap untuk menggelar pertandingan," kata Ram Surahman, sekretaris tim Persebaya Surabaya, kepada awak media, Kamis (31/10/2019).

Highlights PSM Makassar Vs Persebaya Surabaya

2 dari 3 halaman

Status Mengambang

"Saya baru saja menghubungi manajer kompetisi LIB ini statusnya mengambang. Acuannya hasil emergency meeting, itu nanti jadi bahan untuk ke Komdis PSSI," imbuh Ram.

Laga ini sangat mungkin ditunda karena kedua tim tidak mencapai kesepakatan. Masalahnya, belum ada keterangan kapan tanggal pengganti duel itu mengingat jadwal Liga 1 2019 saat ini sangat padat.

"Kalau acuannya hasil emergency meeting, kami sudah mengirim surat pemberitahuan pada H-4 pertandingan atau tanggal 30 Oktober bahwa kami menggelar pertandingan di Stadion Batakan, Balikpapan," tutur Ram.

"Kami juga kaget, dari tadi siang semua komunikasi bagus, tiba-tiba ada surat itu. Kami akan melihat dulu. Kalau merugikan kami, tentu kami juga tidak mau. Apa yang kami lakukan sudah sesuai jalur," tambahnya.

Persebaya Surabaya belum mengetahui secara pasti keberatan yang dimaksud oleh PSM untuk menggelar laga ini di Balikpapan. Mereka hanya ingin fokus melaksanakan kewajiban sebagai tuan rumah.

"Itu ranahnya PT LIB. Yang kami dengar PSM mengirim surat keberatan. Fokus kami adalah menggelar pertandingan sebagai tuan rumah. Setiap langkah yang kami lakukan itu mengacu pada PT LIB," ucap Ram.

3 dari 3 halaman

Imbas Kericuhan

Keputusan ini merupakan imbas dari kerusuhan yang terjadi di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (29/10/2019). Bonek merusak banyak properti stadion setelah Persebaya Surabaya kalah 2-3 dari PSS Sleman.

Persebaya tak bisa menggunakan stadion itu lagi untuk menjamu PSM. Mereka sempat meminjam beberapa tempat di Lamongan, Gresik, Bangkalan, dan Sidoarjo yang mendapat penolakan.

Pada Kamis pagi, manajemen Bajul Ijo memastikan bermain di Stadion Batakan sampai akhirnya muncul surat ini.

Video Populer

Foto Populer