Sukses


5 Prestasi Sepak Bola Indonesia di Luar Lapangan Ini Tetap Layak Dapat Tepuk Tangan

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia tampil tidak maksimal pada kualifikasi Piala Dunia 2022. Dari tujuh pertandingan yang sudah dijalani, Timnas di bawah asuhan Simon McMenemy hanya berhasil memenangi dua pertandingan.

Sayangnya, pertandingan yang dimenangi Indonesia itu hanya sekelas uji coba yakni kala melawan Timnas Myanmar dengan skor 2-0 dan Tmnas Vanuatu dengan skor 6-0.

Setelahnya, prestasi Andik Vermasnyah dan kawan-kawan terus memburuk. Tim Garuda belum pernah sekali pun merengkuh kemenangan dalam laga kualifikasi.

Imbasnya, pelatih Timnas Indonesia yakni Simon McMenemy harus diberhentikan. PSSI telah mengucapkan terima kasih kepada Simon atas kerja samanya selama ini.

Meski demikian, pelatih asal Skotlandia itu seharusnya masih mendampingi Indonesia saat menghadapi Timnas Malaysia di stadion Bukit Jalil pada 19 November 2019.

Meski performa Timnas Indonesia cenderung mengecewakan, namun masyarakat patut berbangga dengan sederet prestasi luar lapangan yang dicatatkan Indonesia. Bola.com telah merangkum empat prestasi sepak bola Indonesia di luar lapangan yang layak mendapat tepuk tangan.

2 dari 6 halaman

1. Supoter Sepak Bola Terbaik Asia

Meski tak mencatatkan hasil memuaskan di lapangan, namun pretasi justru diukir dunia sepak bola Indonesia melalui tribune. Brigata Curva Sud alias suporter PSS Sleman berhasil meraih predikat sebagai suporter terbaik se-Asia oleh media Copa 90.

3 dari 6 halaman

2. Prestasi Bali United

Klub asal Bali tersebut berhasil tampil meyakinkan di Liga 1 Indonesia. Saat ini, Bali United bercokol di puncak klasemen dengan raihan 56 poin.

Namun ada satu prestasi luar lapangan Bali United yang juga layak mendapat tepuk tangan. Klub berjuluk Serdadu Tridatu Jalak Bali itu berhasil menjadi klub sepak bola Asia Tenggara pertama yang melakukan IPO (Initial Public Offering).

Artinya, saham Bali United bisa dibeli dan dimiliki oleh siapa pun.

4 dari 6 halaman

3. Prestasi Timnas Futsal Indonesia

Berbeda dengan prestasi yang ditorehkan Timnas sepak bola Indonesia, Timnas Futsal berhasil mencatatkan prestasi yang cukup menggembirakan.

Bagaimana tidak, Timnas Futsal Indonesia menjadi tim yang cukup diperhitungkan di Asia Tenggara bahkan dunia. Buktinya, pada tahun 2019, Timnas Futsal Indonesia menduduki peringkat 47.

Itu berarti, Indonesia berada di atas Inggris yang becokol di peringkat 56 dan China yang duduk di peringkat 74.

5 dari 6 halaman

4. Stadion Gelora Bung Karno Cetak Prestasi

SUBGK alias Stadion Utama Gelora Bung Karno juga mencatatkan prestasi membanggakan. Stadion yang dibangun era Presiden Soekarno ini menjadi stadion terbesar kedelapan se-Asia dan ke-28 di dunia.

SUGBK memiliki kapasitas lebih dari 88 ribu kursi. Bahkan, salah satu stadion kebanggaan Indonesia juga dilengkapi dengan 100 toliet.

 

6 dari 6 halaman

5. Anggota Terbaik AFF

Terbaru, Indonesia baru saja mendapat penghargaan sebagai anggota terbaik AFF. Informasi tersebut dikabarkan sebuah akun bernama aff.presse pada Jumat (8/11/2019).

Lorenzo Akhiri Karier di Posisi Ke-13, Marquez Juara di Valencia

Video Populer

Foto Populer