Sukses


3 Pemain dan Pelatih Terbaik Pekan Ke-27 Shopee Liga 1 2019

Bola.com, Jakarta - Pekan ke-27 Shopee Liga 1 2019 telah berakhir. Sembilan pertandingan pada pekan ini telah berakhir, di mana hanya empat tim yang berhasil meraih kemenangan.

Empat tim yang meraih kemenangan dalam pertandingan pekan 27 Liga 1 2019 adalah PSM Makassar yang mengalahkan Kalteng Putra dengan skor 2-1, Persib Bandung yang menang 2-1 atas PSIS Semarang, Bhayangkara FC yang menang 3-1 di kandang Persipura Jayapura, dan Arema FC yang menang 2-0 saat menjamu Madura United.

Sementara itu 10 tim harus berbagi poin dalam pekan ke-27 Liga 1 2019, empat di antaranya karena bermain imbang tanpa gol, yaitu Persela Lamongan dan Barito Putera yang berhadapan di Stadion Surajaya Lamongan dan PSS Sleman dan Bali United yang bertemu di Stadion Maguwoharjo.

Sementara itu, Borneo FC bermain imbang 1-1 dengan Perseru Badak Lampung FC, Semen Padang bermain imbang 2-2 dengan Persija Jakarta, dan yang terakhir Tira Persikabo bermain imbang 2-2 dengan Persebaya Surabaya.

Dalam kesempatan kali ini, Bola.com memilih tiga pemain yang terbilang tampil bagus di pekan ke-27 Shopee Liga 1 2019, di mana dua di antaranya membantu timnya terhindar dari kekalahan.

2 dari 6 halaman

Vanderlei Francisco

Vanderlei Francisco menjadi pemain terbaik Liga 1 2019 yang pertama dipilih Bola.com. Striker Semen Padang itu berkontribusi besar saat membantu timnya bermain imbang 2-2 menghadapi Semen Padang, bahkan lebih tepatnya berkontribusi untuk membawa timnya hampir menang.

Ketika Semen Padang yang bermain di depan pendukungnya di Stadion Haji Agus Salim, Padang, tertinggal 0-1 oleh gol yang dicetak Marko Simic, Vanderlei Francisco berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-42 lewat gol yang dicetaknya.

Satu hal yang menarik, Semen Padang akhirnya berbalik unggul 2-1 atas Persija pada masa injury time babak pertama. Gol tersebut dicetak oleh Mariando Djonak Uropmobin.

Gol tersebut juga tak lepas dari kontribusi Vanderlei Francisco yang melihat posisi rekan setimnya, Mariando Djonak Uropmobin berada di posisi yang tak terkawal, dan memutuskan mengirimkan bola hingga Mariando berhasil mencetak gol kedua Semen Padang.

Sayangnya, upaya tersebut tak cukup untuk memberikan tiga poin bagi Semen Padang. Persija berhasil mencetak gol penyeimbang pada menit ke-60 lewat tandukan Ryuji Utomo. Namun, tanpa kontribusi besar Vanderlei, jelas Semen Padang tak mungkin mengamankan poin di depan pendukungnya.

3 dari 6 halaman

Wawan Febriyanto

Pemain kedua yang terpilih untuk menjadi yang terbaik di pekan ke-27 Shopee Liga 1 2019 adalah Wawan Febriyanto. Tak berbeda dengan Vanderlei Francisco di Semen Padang, Wawan Febriyanto juga berkontribusi besar bagi Tira Persikabo.

Tim asuhan Rahmad Darmawan itu bermain imbang 2-2 dengan Persebaya Surabaya di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (9/11/2019). Wawan Febriyanto memberi kontribusi besar bagi timnya meski bukan lewat gol yang diciptakannya.

Wawan Febriyanto melepaskan dua umpan dari tendangan bebas pada pertandingan ini, di mana keduanya berbuah gol untuk Tira Persikabo. Tendangan bebas pada menit pertama pertandingan disambut tandukan Osas Saha yang berbuah gol pembuka.

Setelah Tira Persikabo kebobolan dua gol dari Persebaya dan tertinggal 1-2, Wawan Febriyanto kembali mengambil eksekusi tendangan bebas pada menit ke-70. Kali ini bola yang dilepaskannya ditanduk oleh Khurshed Beknazarov dengan diving header. Gol tersebut membuat kedudukan menjadi imbang 2-2 yang bertahan hingga pertandingan berakhir.

4 dari 6 halaman

Makan Konate

Pemain terakhir yang layak menjadi pemain terbaik pekan ke-27 Shopee Liga 1 2019 adalah Makan Konate. Pemain asal Mali itu berhasil membawa Arema FC menang 2-0 atas Madura United.

Pemain yang saat ini tercatat sebagai pencetak gol terbanyak di skuat Singo Edan untuk Liga 1 2019 berhasil membuka keunggulan timnya saat pertandingan baru saja berjalan empat menit.

Gol yang dicetak pun sangat indah. Ketika rekan setimnya, Ricky Kayame, hendak mengalirkan bola ke sisi kiri penyerangan, Makan Konate memotong bola tersebut dan langsung melepaskan tembakan jarak jauh yang menghujam jala gawang Madura United di sudut kanan atas.

Gol yang dicetak Makan Konate itu membuat Arema makin termotivasi dan membuat Madura United terkejut. Sejumlah serangan Arema dan peluang yang tercipta setelah itu tak lepas dari peran penting Makan Konate.

Akhirnya, Arema FC menang 2-0 dalam pertandingan tersebut setelah Rivaldi Bawuo mencetak gol kedua Singo Edan pada menit ke-84.

5 dari 6 halaman

Paul Munster

Untuk pekan ke-27 Shopee Liga 1 2019, Bola.com memilih Paul Munster, pelatih Bhayangkara FC, sebagai yang terbaik. Pelatih asal Irlandia Utara itu layak mendapatkan predikat tersebut setelah membawa timnya menang 3-1 atas Persipura Jayapura di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo.

Dalam pertandingan tersebut, Bhayangkara FC lebih dulu unggul lewat gol yang dicetak Bruno Matos. Namun, Persipura menyamakan kedudukan lewat gol yang dicetak Ian Louis Kabes.

Dalam 10 menit terakhir pertandingan, Bhayangkara FC menambah dua gol lagi pada laga tandang tersebut. Adam Alis mencetak gol pada menit ke-83 dan Herman Dzumafo menutupnya dengan gol pada menit ke-89.

Kemenangan dalam laga tandang ini membuat Bhayangkara FC bangkit setelah pada laga sebelumnya hanya bermain imbang 2-2 dengan Semen Padang. Kesuksesan The Guardians bangkit di Sidoarjo tak lepas dari racikan strategi Paul Munster.

Satu hal lagi, Bhayangkara FC menjadi satu-satunya tim yang berhasil meraih kemenangan dalam pertandingan tandang di pekan ke-27 Shopee Liga 1 2019.

6 dari 6 halaman

Video Terkait

Gagal Raih Emas, Timnas Indonesia U-22 Perlu Pelatih Asing?

Video Populer

Foto Populer