Sukses


Prediksi Persela Vs PSM: Tuan Rumah Begitu Bersemangat

Bola.com, Lamongan - Persela Lamongan bertekad meneruskan tren kemenangan di Shopee Liga 1 2019. Sebelumnya, mereka selalu memetik tiga poin dalam tiga laga beruntun, yaitu saat melawan Badak Lampung, Borneo FC, dan Persib Bandung.

Kini, klub berjulukan Laskar Joko Tingkir itu dijadwalkan menjamu PSM Makassar di Stadion Surajaya, Lamongan, Sabtu sore (7/12/2019). Tak ada target bagi Persela Lamongan selain mengamankan poin penuh dalam laga pekan ke-31 ini.

“Saya harap pemain fokus, konsentrasi, dan tahu bagaimana memaksimalkan kemampuan mereka. Saya tetap fokus dengan tim. Kami sudah ada analisis taktikal kelemahan dan kekuatan lawan dalam 3 pertandingan terakhir,” kata Nilmaizar, pelatih Persela.

Sayang, Persela tidak bisa menurunkan kekuatan terbaiknya seiring absennya stoper Arif Satria. Pemain bernomor punggung 28 itu mendapat larangan bertanding akibat kartu merah yang diterimanya saat menang atas Persib, Selasa (3/12/2019).

Kemungkinan, Nilmaizar akan mengandalkan Demerson Bruno Costa untuk menggantikan Arif Satria. Pemain asal Brasil itu sudah sembuh dari cedera yang menderanya dan sempat memaksanya absen dalam empat laga beruntun.

Demerson sudah mendapat kesempatan bermain dalam tiga laga terakhir, saat Persela menang, namun hanya sebagai pengganti. Kini, kesempatan buat mantan pemain Bali United itu untuk kembali tampil sejak menit pertama.

Persela Lamongan siap menghadapi Makassar, secara fisik, secara teknik, secara taktik, dan secara mental. Hanya saja kami tidak dapat memainkan Arif Satria karena dia kemarin dapat kartu merah, tapi seluruh pemain dalam kondisi yang bagus,” imbuh Nilmaizar.

2 dari 4 halaman

Demi Jauhi Zona Degradasi

Upaya memenangi laga kontra PSM ini bertujuan membuat Persela Lamongan semakin menjauh dari zona degradasi. Mereka kini masih dalam kondisi belum aman meski telah mengoleksi 34 poin di posisi ke-15 klasemen sementara.

“Target kami masih mengamankan tiga poin di kandang sendiri. Tapi, itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, karena PSM Makassar juga tidak mau kalah di sini,” imbuh pelatih asal Sumatera Barat itu.

Persela sendiri memiliki catatan buruk dalam perjumpaan dengan PSM Makassar sejak era Liga 1, atau dalam lima pertemuan terakhir. Eky Taufik dkk. tercatat tidak pernah menang melawan PSM di kandang sendiri.

Dari lima pertemuan, Persela Lamongan hanya sekali menundukkan PSM. Itu juga terjadi saat mereka bertandang ke markas Juku Eja dengan kemenangan 3-2 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar (6/4/2019).

3 dari 4 halaman

Juku Eja Ingin Tuntaskan Penasaran

Sementara itu, PSM Makassar datang ke Lamongan dengan modal minor. Sampai pekan ke-30 Shopee Liga 1 2019, Juku Eja menjadi satu-satunya tim yang tidak pernah menang di laga tandang. Dari 14 partai tandang, mereka mencatat tiga kali imbang dan 11 kali kalah.

Hasil minor ini jadi noda perjalanan karier Darije Kalezic sebagai pelatih PSM meski mampu membawa skuatnya meraih trofi Juara Piala Indonesia 2018. Desakan ke manajemen PSM agar tak lagi memilih Darije menjadi pelatih musim depan kian santer bermunculan di kalangan suporter Juku Eja.

Tapi, Darije bergeming. Mantan pelatih Roda JC Kerkrade ini tetap yakin dengan kemampuan pemainnya untuk meraih kemenangan tandang di Liga 1, Seperti yang ditunjukkan PSM di Piala AFC, di mana mereka sukses menembus semifinal zona Asean meski semua partainya berlangsung diluar Makassar.

"Saya sudah tekankan ke pemain agar fokus terhadap setiap pertandingan. Hasil sebelumnya jadi bahan evaluasi untuk menatap laga selanjutnya," tegas Darije.

Menghadapi Persela Lamongan, PSM kembali bisa memainkan Amido Balde dan Rizky Pellu yang absen saat Juku Eja ditahan imbang 2-2 oleh Borneo FC di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin (2/12/2019). Keduanya bisa jadi tumpuan Juku Eja untuk mendapatkan gol.

Rizky Pellu misalnya. Meski bersatus gelandang jangkar, eks SAD Uruguay ini kerap jadi penentu kemenangan lewat golnya. Musim ini, Pellu sudah mencetak 5 gol buat PSM.

4 dari 4 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Persela (4-3-3): Dwi Kuswanto (kiper); Birrul Walidain, Demerson Bruno, Mochammad Zaenuri, Eky Taufik (belakang); Lucky Wahyu, Delvin Rumbino, Kei Hirose (tengah); Malik Risaldi, Alex Goncalves, Rafael Oliveira (depan)

Pelatih: Nilmaizar

PSM (4-3-3): Rivki Mokodompit (kiper), Beny Wahyudi, Aaron Evans, Hasim Kipuw, Taufik Hidayat (belakang); Rizky Pellu, Marc Klok, Rasyid Bakri (tengah); Rizky Eka, Amido Balde, Ezra Walian (depan)

Pelatih: Darije Kalezic

Video Populer

Foto Populer