Sukses


Duel Antarlini Persela vs PSM: Adu Ketajaman Pemain Asing

Bola.com, Lamongan - Aksi pemain asing bakal jadi sorotan saat Persela Lamongan menjamu PSM Makassar pada laga pekan ke-31 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Surajaya Lamongan, Sabtu (7/12/2019).

Ada beberapa sosok yang patut disorot dalam laga nanti, yakni Alex Goncalvez dan Rafinha di kubu Persela verus Marc Klok dan Amido Balde di sisi PSM.

Khusus Rafinha, ia berperan penting pada saat Persela meraih kemenangan pada dua laga tandang terakhir. Ia mencetak masing-masing satu gol ketika Persela mengalahkan tuan rumah Borneo FC 2-1 (27/11/2019) dan Persib Bandung 2-0 (3/12/2019). 

Peluang Rafinha kembali jadi aktor kemenangan Persela pada laga kontra PSM terbilang terbuka. Beroperasi dari sisi kiri, Rafinha bisa memanfaatkan kondisi bek kanan Beny Wahyudi yang tergerus akibat jadwal padat yang dilakoni PSM. Di antara 11 starter PSM, Beny adalah pemain yang paling banyak mendapat menit bermain dari pelatih Darije Kalezic.

Persela memang sangat butuh kemenangan untuk mengamankan diri dari ancaman dari degradasi. Sampai pekan ke-30, Laskar Joko Tingkir baru mengoleksi poin 34 dan bertengger di peringkat 15 klasemen sementara.

Tapi, tentu tak mudah buat Persela mewujudkan target tiga poin itu karena PSM datang ke Lamongan dengan ambisi sama. Juku Eja ingin memutus catatan minor tak pernah menang pada laga tandang musim ini. Seperti dikatakan Darije Kalezic.

"PSM bisa mengalahkan tim mana pun baik di kandang maupun tandang. Tapi, di sepak bola, tim yang bermain bagus belum tentu memenangkan pertandingan," tegas Darije.

Jadi mampukah Rafinha membawa Persela Lamongan menekuk PSM? Lantas, siapa saja pemain di setiap lini yang akan memegang peranan penting dalam laga nanti? Berikut ini duel antarlini yang bakal terjadi dalam laga Persela melawan PSM versi Bola.com:

2 dari 4 halaman

Lini Belakang

Persela Lamongan tak diperkuat Arif Satria yang diganjar kartu merah pada laga terakhir kontra Persib Bandung (3/12/2019). Peran Arif bakal dilakoni Demerson yang berduet dengan M. Zaenuri di posisi bek sentral.

Lini belakang Persela harus bekerja keras untuk meredam aksi Amido Balde, striker berpostur tinggi yang dimiliki PSM.Sementara PSM kembali memercayakaan duet Aaron Evans-Hasim Kipuw untuk menjadi 'benteng' kiper Rivki Mokodompit.

Meski kerap tampil garang, duet Kipuw-Evans punya kelemahan dalam mengantisipasi bola hasil umpan lawan. Ini berisiko karena Persela punya Kei Hirose dan Rafinha yang bisa melakukannya.

3 dari 4 halaman

Tengah

Sosok Kei Hirose jadi sosok sentral pada duel lapangan tengah. Determinasi dan militansi Hirose bakal menyulitkan PSM. Gelandang asal Jepang ini juga piawai melepaskan umpan bola mati.

Menghadapi situasi seperti ini, pelatih PSM, Darije Kalezic kemungkinan menugaskan Marck Klok atau M. Arfan mematikan pergerakan Hirose.

PSM kembali mengandalkan Rasyid Bakri sebagai dirigen serangan. Tanpa Wiljan Pluim yang pulang ke Belanda untuk berobat, variasi serangan PSM memang terlihat berkurang. Tapi, permainan yang simpel ala Rasyid sejauh ini mampu meminimalisir kelemahan itu. Problem utama Rasyid adalah ia sulit tampil konsisten selama 90 menit.

4 dari 4 halaman

Depan

Aksi Alex Goncalvez (Persela Lamongan) kontra Amido Balde (PSM) juga layak ditunggu. Keduanya wajib mencetak gol untuk mengembalikan kepercayaan suporter masing-masing.

Khususnya Alex yang produktivitasnya menurun tajam pada putaran kedua. Menghadapi PSM, Alex tak hanya wajib tampil ngotot tapi juga cerdik. Pasalnya, duet stoper PSM, Hasim Kipuw-Aaron Evans bukan lawan yang dilewati dalam situasi satu lawan satu.

Begitu pun dengan Balde. Bisa dipastikan mantan striker Persebaya ini tak akan leluasa menguasai bola karena Demerson atau Zaenuri siap mengawal pergerakannya.

Video Populer

Foto Populer