Sukses


Bungkam Arema FC, Persebaya Intip Peluang ke Kancah Asia

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya sudah tidak mungkin menjadi juara Shopee Liga 1 2019 yang telah dimiliki Bali United. Tapi, masih ada target lain yang sangat mungkin dicapai oleh Bajul Ijo setelah menumbangkan Arema FC dengan skor 4-1 di Stadion Batakan, Balikpapan, Kamis (12/12/2019).

Target itu adalah finis peringkat kedua klasemen akhir. Peluang itu kian terbuka melihat posisi Persebaya Surabaya saat ini dengan menyisakan dua laga. Mereka berada di bawah Borneo FC dan Persipura Jayapura di peringkat kedua dan ketiga yang sama-sama mengoleksi 49 poin.

Tim berjulukan Bajul Ijo itu kini berada di peringkat keempat dengan raihan 48 poin. Artinya, kans untuk menyalip dua tim itu masih sangat terbuka lebar. Pelatih Persebaya, Aji Santoso, sangat antusias melihat persaingan timnya di kompetisi ini.

“Sebenarnya, sewaktu datang, manajemen menyampaikan kepada saya bahwa targetnya membawa Persebaya bertahan di Liga 1. Alhamdulillah, sekarang posisinya cukup bagus. Yang jelas kami akan berusaha maksimal,” kata Aji, Jumat (13/12/2019).

Situasi Persebaya kini memang sangat berubah drastis dibanding satu setengah bulan silam. Aji, yang ditunjuk sebagai per 31 Oktober 2019, mendapat target rendah. Saat itu, Persebaya sedang oleng dengan beberapa hasil negatif dan tertahan di papan tengah.

Sentuhan Aji begitu terasa dalam tujuh pertandingan menangani Persebaya Surabaya. Dia membuat Bajul Ijo tidak terkalahkan. Rinciannya, lima kemenangan dan dua seri. Secara impresif Persebaya juga membukukan 18 gol.

 

2 dari 2 halaman

Runner-up Liga 1 2019 Jadi Bidikan

Posisi runner-up juga menjadi rebutan banyak klub. Sebab, penghuni peringkat itu berkesempatan tampil di Piala AFC 2020. Syaratnya, Bali United yang menjalani babak pendahuluan Liga Champions Asia harus lolos ke fase grup ajang itu.

Meski belum pasti, mengejar peringkat kedua menjadi target yang realitas. Persebaya Surabaya menggantungkan nasibnya kepada tim lain untuk mencapai itu. Selain harus menang di dua laga terakhir, mereka juga harus berharap Borneo dan Persipura terpeleset.

“Sekarang, tinggal dua pertandingan. Saya tidak ingin setengah-setengah, kami harus bisa menenagi dua pertandingan itu. Performa tim juga sedang bagus. Mudah-mudahan, kami bisa meneruskan catatan positif ini,” ucap Aji.

Dalam dua laga terakhir, Persebaya akan menjalani masing-masing menjalani satu laga kandang dan tandang. Mereka terlebih dahulu melawat ke markas Persija Jakarta, Selasa (17/12/2019). Setelah itu, Persebaya menjamu Badak Lampung, Minggu (22/12/2019).

Video Populer

Foto Populer