Sukses


Sikap Berkelas Indra Sjafri dan Park Hang-seo setelah Final SEA Games 2019

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, ternyata memiliki kesamaan dengan pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo. Kesamaan itu terkihat dari kebijaksanaan keduanya setelah final SEA Games 2019 yang mempertemukan tim asuhan kedua pelatih di Stadion Rizal Memorial, Manila Selasa (10/12/2019).

Timnas Vietnam U-22 menjadi kampiun di cabang olahraga sepak bola SEA Games 2019. Skuat racikan Park Hang-seo itu mencundangi Timnas Indonesia U-22 dengan skor 3-0.

Timnas Indonesia U-22 asuhan Indra Sjafri gagal mengulangi sejarah yang sempat ditorehkan Skuat Garuda pada SEA Games 1991 di Manila. Osvaldo Haay dkk. harus puas dengan medali perak dalam event olahraga dua tahunan di kawasan Asia Tenggara tersebut.

Lain cerita dengan Timnas Vietnam. Diasuh pelatih asal Korea Selatan, Park Hang-seo, The Golden Star tampil meyakinkan hingga laga final.

Park Hang-seo menjadi pelatih yang mempersembahkan emas untuk Vietnam setelah 60 tahun. Namun Bola.com menemukan fakta menarik tentang pelatih Vietnam tersebut.

Ternyata, Park Hang-seo memiliki kesamaan sikap dengan Indra Sjafri di luar lapangan. Apa saja kemiripan yang dipertontonkan dua pelatih yang berhasil menembus final sepak bola SEA Games 2019 tersebut, berikut Bola.com telah merangkumnya.

2 dari 3 halaman

Sikap Indra Sjafri

Performa Timnas Indonesia U-22 cukup disorot sepanjang SEA Games 2019. Apalagi, Evan Dimas dan kawan-kawan itu sempat tampil meyakinkan di fase grup.

Sayang, Timnas Vietnam terlalu kuat untuk dikalahkan. Tim Garuda Muda harus mengakui keunggulan Doan Van Hau dan kawan-kawan di final SEA Games 219.

Timnas Indonesia U-22 kalah dengan skor telak 0-3. Kekalahan itu tentu membawa kekecewaan tersendiri bagi suporter. Sang pelatih, Indra Sjafri, menjadi sorotan karena dianggap gagal memetik hasil baik di SEA Games 2019.

Beragam kritik pun dilontarkan suporter kepada pelatih asal Batang Kapas itu. Namun, Indra Sjafri cukup bijaksana menanggai setiap kritikan tersebut.

Melalui unggahan di akun Instagram personalnya, Coach Indra menyentil fans.

"Saat semua orang menghina dan menjauhimu karena kekalahanmu, tapi saat itu ibumu tidak pernah menjauh atapun malu untuk tetap bersamamu," tulis Indra Sjafri lengkap dengan hashtag #semangatmenolakmenyerah.

3 dari 3 halaman

Sikap Park Hang-seo

Lain cara yang dilakukan Indra Sjafri, lain pula sikap yang ditunjukkan Park Hang-seo. Pelatih Korea Selatan itu ternyata menyerahkan medali emas kepada ofisial Timnas Vietnam.

Hal itu dilakukan karena jumlah medali yang disediakan panitia SEA Games 2019 tak mencukupi. Menurut Park Hang-seo, ofisial tim lebih membutuhkan karena kemenangan ini adalah pencapaian terbaik Timnas Vietnam di SEA Games setelah 60 tahun.

Bukan hanya itu, Park Hang-seo juga tidak angkuh meski berhasil membawa Vietnam kampiun di SEA Games 2019. Melansir dari Donga, Sabtu (14/12/2019), Park mengatakan kemenangan itu adalah buah kerja keras dari tim.

"Kemenangan itu bukan hanya karena saya, tapi karena pemain Vietnam yang memiliki semangat tinggi untuk merengkuh kemenangan," ujar Park Hang-seo seperti dituliskan Donga.

Rahasia Menu Makanan Cristiano Ronaldo

Video Populer

Foto Populer