Sukses


Mengenang Momen Shin Tae-yong Permalukan Timnas Indonesia di Lever Junior

Jakarta - Shin Tae-yong membangun reputasi ketika menangani timnas junior Korea Selatan. Dia bahkan sempat memperlihatkan kepiawaiannya langsung di hadapan publik Indonesia, negara yang dikabarkan bakal menjadi rumahnya dalam beberapa waktu ke depan.

Sosok berusia 49 tahun itu dilaporkan memenangkan persaingan melawan Luis Milla untuk menjadi pelatih Timnas Indonesia. Shin Tae-yong bakal diumumkan resmi sebelum Kongres Tahunan PSSI pada 25 Januari 2020.

Mantan pelatih Seongnam Ilhwa Chunma tersebut sebelumnya sudah pernah menyambangi Tanah Air. Kesempatan datang ketika dia memimpin Korsel U-23 untuk melakoni Kualifikasi Piala AFC 2016.

Masuk Grup H, Korsel U-23 menaklukkan Brunei (5-0) dan Timor Leste (2-0) pada dua partai awal. Selanjutnya mereka menghadapi tuan rumah Indonesia untuk memperebutkan tiket turnamen utama.

Indonesia diprediksi bakal menyulitkan. Terlebih Evan Dimas dan kawan-kawan juga mengoleksi enam angka dan hanya kalah produktivitas satu gol dari Korsel berdasar rapor dua laga.

Nyatanya, Shin Tae-yong dan pasukannya terlalu tangguh. Korsel U-23 menang meyakinkan 4-0 untuk lolos ke Qatar. Setelah itu, Shin Tae-yong membawa anak asuhnya mencapai final sebelum dikalahkan Jepang 0-1.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Ungguli Jerman

Penampilan tersebut berbuat tiket ke Olimpiade di Rio de Janeiro. Korsel U-23 lalu sukses memuncaki grup berisi Jerman dan Meksiko. Sayang mereka langsung dikalahkan Honduras pada laga delapan besar.

Selain tim U-23, Shin Tae-yong juga menangani Korsel U-20 pada Piala Dunia 2017. Di sini dia membawa tim mencapai 16 besar.

 

Sumber asli: AFC

Disadur dari: Liputan6.com (Harley Ikhsan/Edu Krisnadefa, Published 23/12/2019)

Video Populer

Foto Populer