Sukses


Rohandi Yusuf, Mantan Pemain PSM dan Timnas Indonesia Era 80-an Tutup Usia

Bola.com, Makassar - Mantan gelandang Makassar Utama Galatama dan Timnas Indonesia pada era 1980-an, Rohandi Yusuf, meninggal dunia pada usia 58 tahun di Makassar, Jumat (27/12/2019) pada pukul 06.30 WITA. Jenazah gelandang Timnas Indonesia Pra Piala Dunia 1986 ini dikebumikan di Pemakaman Islam Panaikang, Makassar, Jumat (27/12/2019) sore WITA.

Memulai karier sebagai pesepakbola di PSM Makassar Yunior, nama Rohandi Yusuf mencuat ketika direkrut Makassar Utama yang tampil di Liga Sepakbola Utama (Galatama), kompetisi semi profesional pertama di Indonesia. Gelandang yang dikenal dengan umpan yang akurat ini masuk dalam skuat timnas PPD Piala Dunia 1986 dan Pra Olimpiade 1988.

Selain Makassar Utama, Rohandi pernah memperkuat Persiba Balikpapan yang saat itu dilatih legenda tim nasional, Ronny Pattinasarany. Setelah pensiun dari sebagai pemain, Rohandi kemudian jadi pelatih.

Namun, karier Rohandi Yusuf sebagai pelatih tak sebaik saat menjadi pemain. Terakhir, ia menjadi asisten pelatih di Persebaya Divisi Utama yang lolos ke Liga Super Indonesia. Kini Persebaya DU berganti nama jadi Bhayangkara FC.

 

2 dari 2 halaman

Testimoni Mengenai Rohandi Yusuf

Mantan manajer PSM Makassar, Sumirlan yang pernah satu tim dengan Rohandi Yusuf, menyebut almarhum sebagai pribadi yang baik.

"Almarhum sangat total bila sudah bermain di lapangan. Ia juga dikenal ramah dan tidak sombong meski berstatus pemain tim nasional," kata Sumirlan.

Hal senada dikatakan Syamsuddin Umar, mantan pelatih PSM yang sempat bermain dengan Rohandi meski tak lama. "Saat itu, saya sudah hampir pensiun sebagai pemain.

"Meski masih yunior, Rohandi sangat disukai oleh para seniornya. Itu karena penampilannya sangat menunjang penampilan Makassar Utama saat itu," kata Syamsuddin.

Pada akhir hidupnya, Rohandi lebih banyak menghabiskan waktunya dengan menjadi pemantau pemain usia muda Makassar untuk sejumlah klub di Indonesia.

Video Populer

Foto Populer