Sukses


Alasan Madura United Merombak Komposisi Pemain Asing

Bola.com, Bangkalan - Madura United telah merombak komposisi pemain asing musim lalu. Aleksandar Rakic, Diego Assis, Jaimerson Xavier, dan Ante Bakmaz, secara resmi hengkang dan tidak menjadi bagian tim di musim 2020.

Sebagai pengganti, Laskar Sape Kerap baru mengumumkan tiga nama, yaitu Zah Rahan, Emmanuel Oti, dan Brian Ferreira. Satu stoper asing lagi dikabarkan berasal dari Brasil dan akan tiba di Indonesia dalam waktu dekat.

Sebenarnya, empat pemain Madura United itu memiliki kualitas yang cukup apik. Makanya, perombakan pemain asing ini tentu menjadi pertanyaan. Apa pertimbangan Madura United mendatangkan nama-nama baru?

“Kontribusi pemain asing Madura United musim 2019 itu cukup memprihatinkan. Semua pemain asing sudah masuk evaluasi. Kami memutuskan semua pemain asing itu mengalami perubahan,” kata Haruna Soemitro, Direktur Madura United, kepada Bola.com.

Haruna mencontohkan Rakic yang mengalami penurunan performa. Dia datang ke Madura United dengan status top scorer Liga 1 2018 setelah mencetak 21 gol bersama PS Tira. Setelah menjadi pemain Madura United, dia hanya menyumbang 12 gol.

“Top scorer kami di klub justru bukan pemain asing. Beto Goncalves (pemain naturalisasi) yang mencetak paling banyak gol (18 gol). Padahal Beto juga sudah tidak muda, usianya sudah 38 tahun dan bisa mengalahkan pemain asing,” ucap Haruna.

 

2 dari 2 halaman

Lini Belakang Paling Buruk

Kondisi serupa juga terjadi pada duo stoper, Ante Bakmaz dan Jaimerson Xavier. Keputusan memakai dua stoper dipilih untuk menambah kekuatan lini belakang. Namun, mereka rupanya kurang sesuai dengan yang diharapkan.

“Tingkat kebobolan kami cukup tinggi, 44 gol. Kami punya pemain asing yang membawa Persija Jakarta juara. Tapi, pemain belakang malah pernah membuat kami kebobolan tiga penalti. Menyedihkan melihat kami punya pemain asing seperti itu,” imbuh Haruna.

Tiga penalti yang dimaksud oleh Haruna adalah saat Madura United dihajar 0-4 oleh Persija Jakarta di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta (13/12/2019). Tiga gol di antaranya lahir dari titik putih dan dicetak oleh Marko Simic, di mana ada yang terjadi akibat pelanggaran yang dilakukan Jaimerson.

Sementara Diego Assis sebenarnya tampil cukup apik sejak bergabung putaran kedua Liga 1 2019. Sayang, slot gelandang asing telah disiapkan oleh Madura United untuk Zah Rahan yang baru sembuh dari cedera.

Video Populer

Foto Populer