Sukses


Persebaya Tanpa Kiper selama TC di Yogyakarta

Bola.com, Yogyakarta - Persebaya Surabaya tidak memiliki penjaga gawang selama melakoni training centre alias TC di Yogyakarta. Satu-satunya kiper yang sudah dikontrak, Ernando Ari Sutaryadi, kini sedang bergabung Timnas Indonesia U-19.

Sejauh ini, Persebaya memang belum memiliki penjaga gawang setelah melepas Miswar Saputra dan Imam Arief. Nasib Abdul Rohim juga belum pasti. Sedangkan, Angga Saputra yang masuk incaran dikabarkan harus bertahan untuk Tira Persikabo.

“Ini masih menjadi diskusi di antara kami, jajaran pelatih. Kami harus bergerak cepat untuk posisi penjaga gawang. Kami kekurangan pemain di posisi itu karena Ernando juga masih berada di timnas,” kata Aji Santoso, pelatih Persebaya, kepada Bola.com, Minggu (19/1/2020).

Untuk mengatasi hal itu, klub berjulukan Bajul Ijo itu mengajak serta dua penjaga gawang tim U-20, yaitu Ababil Syabella Bram dan Andhika Ramadhani. Keduanya berada di bawah arahan pelatih kiper Beny van Breukelen.

“Setidaknya dua kiper muda itu bisa belajar banyak selama mengikuti TC bersama tim senior. Itu bagus juga untuk perkembangan mereka supaya bisa lebih terasah lagi,” imbuh pelatih berusia 49 tahun tersebut.

Ababil dan Andhika adalah dua penjaga gawang yang masuk skuat Persebaya U-20 saat menjuarai Elite Pro Academy U-20 2020. Namun, mereka bukanlah penjaga gawang utama, karena Ernando yang bermain secara reguler untuk tim tersebut.

Pelatih kiper Persebaya, Beny van Breukelen, justru merasa senang bisa menangani dua kiper muda selama TC ini. Sebab, pria berusia 56 tahun itu memiliki target bisa mengorbitkan banyak kiper muda untuk Persebaya.

“Saya berharap selama musim ini akan ada tujuh penjaga gawang yang ikut berlatih dengan saya. Tiga atau empat di antaranya masuk skuat senior, sisanya kiper tim Elite Pro. Saya ingin semuanya bisa berlatih sama-sama,” ucap Beny.

Di sisi lain, Persebaya sebenarnya sudah menjalin kesepakatan dengan seorang penjaga gawang. Informasi yang diterima Bola.com menyebutkan pemain itu adalah Rivky Mokodimpit, eks kiper PSM Makassar. Rivky bahkan akan tiba di Yogyakarta, Minggu malam.

2 dari 3 halaman

Terkesan dengan Persebaya

Stopper anyar Persebaya, Zoubairou Garba, takjub dengan skuat timnya. Dia baru dua kali menjalani latihan selama mengikuti training centre di Stadion Universitas Yogyakarta, Sleman, dan langsung mendapat sambutan positif.

“Saya ingin cepat ketemu dan beradaptasi cepat. Sekarang, tim baru mulai latihan. Kalau untuk membangun tim perlu waktu juga. Teman-teman sekarang mulai kompak. Semoga saya bisa membawa hasil positif di dalam tim ini,” kata Zoubairou kepada Bola.com.

"Saya dapat tawaran dari coach Aji, dan langsung saya terima. Saya sangat senang karena di sini banyak pemain bagus, tim ini berkualitas. Saya datang ke sini, luar biasa. Musim lalu, tim ini mendapat hasil bagus," imbuh pemain berusia 34 tahun itu.

Kehadiran Zoubairou menambal kekosongan bek asing Persebaya. Musim ini, klub berjulukan Bajul Ijo itu tidak memiliki pemain asing karena empat slot yang ada dihabiskan untuk pemain tengah dan depan.

Di posisi gelandang ada Makan Konate dan Aryn Williams. Barisan depan dilengkapi David da Silva dan Mahmoud Eid.

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer