Sukses


PSSI Buka Peluang Gunakan Apparel Lokal untuk Timnas Indonesia

Bola.com, Tangerang - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, kembali menegaskan pihaknya belum menjalin kerja sama dengan apparel Thailand, Warrix, untuk menjadi penyedia jersey Timnas Indonesia. Ia membuka peluang bekerja sama dengan apparel lokal.

Kabar penggunaan Warrix sebagai penyedia jersey Timnas Indonesia tersebar pada pertengahan Januari 2020. Hal itu kemudian diperkuat dengan bukti Timnas Indonesia U-19 sudah menggunakan jersey latihan dari Warrix selama seleksi yang berlangsung di Cikarang.

Namun, Mochamad Iriawan ketika itu membantah pihaknya sudah mencapai kesepakatan Warrix. Penggunaan jersey latihan dari Warrix dilakukan sebagai uji kelayakan.

"Masih ada waktu dan nanti ada tim khusus kemudian kami diskusikan lagi. Kami juga ada jersey buatan nasional yang bagus, kalau mereka bisa bersaing kami akan mengakomodasi mereka seperti Specs dan lainnya," kata Mohammad Iriawan.

Pemain Timnas Indonesia U-19, Sutan Zico dan Beckham Putra, saat menggelar sesi latihan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Senin (13/1/2020). Sebanyak 51 pemain mengikuti seleksi untuk memperkuat skuat utama Timnas Indonesia U-19. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

"Tidak menutup kemungkinan jerseynya kami ambil dari Indonesia. Jadi, Warrix belum fix, kami tekankan sekali lagi," ujar Iwan Bule.

Warrix merupakan apparel penyedia kebutuhan olahraga dari Thailand. Sejauh ini sudah ada dua timnas yang menggunakan Warrix, yakni Thailand dan Myanmar.

Nama Warrix di kancah apparel internasional juga tak meragukan. Beberapa klub elite Thailand, hingga Persela Lamongan dari Indonesia, menggunakan apparel yang berdiri pada 2013 itu.

Sementara itu, di Indonesia terdapat beberapa apparel lokal yang siap bersaing dari segi kualitas. Di antaranya Specs, MBB, hingga RIORS yang siap bersaing mengamankan kerja sama sebagai penyedia kebutuhan Timnas Indonesia.

2 dari 3 halaman

Rekam Jejak Apparel

Sejauh ini sudah ada enam apparel internasional yang pernah menjadi penyedia kebutuhan Timnas Indonesia. Adidas tercatat sebagai apparel yang paling sering dipakai, yakni pada 1970-1995, 1997-2000, dan 2004-2006.

Kemudian Nike yang sudah dua periode menjadi apparel resmi Timnas Indonesia yakni pada 2000-2002, 2007-2020. Sementara itu Diadora (Italia) pada 1995-1996, dan apparel Jepang, ASICS pada 1996-1997.

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer