Sukses


Setelan Latihan Fisik Timnas Indonesia U-19 ala Shin Tae-yong Disesuaikan Rapor Kebugaran Pemain

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 menjalani rangkaian tes fisik di Alpine Football Camp, Chiang Mai, Thailand, pada Rabu (22/1/2020) siang. Di awal masa tugasnya Shin Tae-yong ingin anak-asuhnya punya kondisi kebugaran yang prima.

Kondisi fisik diyakini pelatih asal Korea Selatan itu akan membuat para pemain dengan mudah menjalani latihan taktikal yang ia siapkan. Lantas seperti apakah materi tes fisik yang diberikan?

Asisten Pelatih Timnas U-19 Nova Arianto memaparkan tes fisik yang digeber ke Tim Garuda Muda seluruhnya dilakukan di luar lapangan. Tak ada tes fisik menggunakan alat-alat mekanis seperti treadmill dan lainnya.

"Tidak ada pakai treadmill, semua tes dilakukan di lapangan, tidak ada yang di dalam ruangan," terangnya.

Tes fisik juga tidak sampai pada level tes MRI, yang rencananya akan dilaksanakan di waktu yang berbeda.

Pemain satu per satu dilihat kemampuan fisiknya, untuk diukur apa yang perlu ditingkatkan. Shin Tae-yong melihat kondisi kebugaran pemain Indonesia tidak ideal.

Tes fisik di sini tidak sampai MRI. Pagi kami lakukan pengukuran terlebih dulu untuk panjang tungkai pemain dan balance pemain," kata Nova.

Mantan bek Timnas Indonesia tersebut menambahkan, setelah proses pengukuran dan balance tes selesai dilakukan.

Barulah pemain-pemain diminta mengikuti rangkaian pengukuran kemampuan fisik pemain termasuk tes VO2Max atau kapasitas paru-paru pemain menampung oksigen.

"Kami lakukan beberapa tes, ada Speed 5 meter sampai 10 meter dan 20 meter. Kemudian Vertical Jump. Speed reaction, agility dan yang terakhir yoyo test," ungkap sang mantan bek Timnas Indonesia itu.

 

2 dari 3 halaman

6 Uji Coba

Setelah proses tes fisik usai pemain akan memulai rangkain sesi uji coba.

Sebelum masuk masa uji coba, tim pelatih akan mengumumkan hasil tes. Para pemain akan dikelompokkan mengikuti kondisi kebugaran. Akan ada menu latihan khusus buat anggota skuat yang dinilai fisiknya tertinggal.

Pola ini sejatinya kerap diterapkan di negara-negara elite. Karena sejatinya tidak mungkin menyamakan porsi latihan setiap individu pemain jika kondisi kebugarannya jomplang.

Garuda Nusantara rencananya akan berada  di Chiang Mai sampai 1 Februari 2020. Akan ada enam kali uji coba melawan tim lokal Thailand.

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer