Sukses


PT LIB Menjamin Jadwal Liga 1 2020 Tidak Akan Ganggu Agenda Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - PT Liga Indonesia Baru (LIB) menggaransi jadwal Liga 1 2020 tidak akan mengganggu kegiatan Timnas Indonesia. Penyesuaian juga telah dilakukan terkait adanya bulan suci Ramadan dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Sebagai operator kompetisi Liga 1, PT LIB telah mengirimkan draft jadwal kepada 18 tim. Adapun, sepak mula disepakati pada 29 Februari 2020 dan berakhir 31 Oktober mendatang.

"Sepak mula Liga 1 2020 sudah ditentukan pada 29 Februari mendatang. Dengan harapan supaya lebih optimal dan menghasilkan pemain yang lebih siap untuk Timnas Indonesia," ujar Cucu Somantri, Direktur PT LIB di Kantor PT LIB, Menara Mandiri 2, Senayan, Jakarta, Selasa (4/2/2020).

"Selama ini, banyak klub yang keberatan melepas pemain ke Timnas Indonesia karena alasan kelelahan dan sebagainya. Maka dari itu, kompetisi kami majukan menjadi akhir Februari. Jadwal Liga 1 2020 juga kami sesuaikan dengan agenda Timnas Indonesia," imbuh Cucu.

Cucu juga telah merancang sedetail mungkin agar kompetisi dapat rampung pada Oktober 2020. Pasalnya, Timnas Indonesia akan berkiprah di Piala AFF pada November mendatang.

"Saat Piala AFF, kompetisi juga sudah selesai. Selama ini klub menjadikan alasan tak mau melepas pemain ke Timnas Indonesia, terutama saat pemusatan latihan, karena masih bermain di kompetisi dan lain-lain," jelas pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua PSSI itu.

"Kami sudah koordinasi dengan PSSI. Itulah mengapa saya rangkap jabatan di PT LIB. Saya kan juga Wakil Ketua PSSI. Tak akan jadwal kompetisi mengganggu agenda Timnas Indonesia," terangnya.

 

Video

2 dari 2 halaman

Sinkronisasi ke Banyak Kegiatan

Selain dengan agenda Timnas Indonesia, PT LIB juga mempertimbangkan banyak kegiatan dalam menyusun draft jadwal Liga 1 2020. Termasuk ketika kompetisi memasuki bulan Ramadan dan masa Pilkada.

"Dalam menyusul jadwal, kami membuat sedemikian rupa dan mengaitkan ke banyak hal. Kami tahu agenda besarnya selain kompetisi. Ada FIFA Matchday, bulan Ramadan, Pikada, dan lain-lain," imbuh Direktur Operasional PT LIB, Sujarwo.

"Kami coba sinkronisasi semuanya. Sementara kami juga berkoordinasi dengan Polri. Jadilah draft jadwal itu terbit. Prinsip kami, membuat jadwal tak tutup mata. Kami mendengar saran semua pihak, dari unsur klub terutama," kata Sujarwo.

Video Populer

Foto Populer