Sukses


Persik Hadapi Persebaya di Laga Pembuka Liga 1 2020, Joko Susilo Berpikir Keras

Bola.com, Kediri - Penampilan apik Persebaya Surabaya selama pramusim dan sukses meraih gelar juara Piala Gubernur Jatim 2020 membuat pelatih Persik Kediri, Joko Susilo, harus menyiapkan tim sangat matang. Joko Susilo pun memutar otak untuk bisa memastikan timnya dalam performa terbaik saat menjalani laga pembukaan Liga 1 2020.

Maklum, Macan Putih akan menantang Bajul Ijo di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada 29 Februari mendatang. Duel nanti menjadi prosesi pembukaan Liga 1 2020. Sebelumnya, PT Liga Indonesia Baru akan mempertemukan Bali United sebagai jawara Liga 1 2019 dengan Persik Kediri, kampiun Liga 2 2019.

Namun, Bali United menolak karena jadwal pembuka tersebut berdekatan dengan pertandingan mereka di Piala AFC 2020. Persebaya sebagai runner-up musim lalu didaulat sebagai pengganti, sekaligus tuan rumah pembukaan Liga 1 2020.

"Selamat untuk sahabat saya, Aji Santoso dan Persebaya sukses menjuarai Piala Gubernur Jatim. Gelar ini bukti Persebaya bakal jadi tim unggulan di Liga 1 nanti," tutur Joko Susilo.

Sosok yang sempat berkolaborasi dengan Aji Santoso di Arema FC ini mengakui Persebaya merupakan tim tangguh dengan materi pemain yang mumpuni di segala lini. Apalagi Joko Susilo pernah merasakan bagaimana Persebaya mengalahkan Persik 3-1 pada laga pembuka Piala Gubernur Jatim 2020 di Bangkalan.

"Saya harus menyiapkan tim dan strategi permainan dengan detail. Persebaya bukan lawan sembarangan. Apalagi nanti mereka main di kandang sendiri. Ini ujian berat kami di awal musim ini," kata pelatih Persik Kediri itu.

 

2 dari 3 halaman

Ubah Formasi

Kendati begitu, pria yang akrab disapa Getuk ini tidak keder. Dia berencana mengubah formasi pemain dan taktik untuk meladeni Makan Konate dkk. di Surabaya.

"Permainan Persebaya sudah ketemu. Tapi, mereka tak tahu perkembangan Persik. Saat di Bangkalan kemarin, kekuatan kami masih separuh. Pada pembukaan nanti, permainan kami sudah berbeda," ujarnya.

Pernyataan Getuk memang benar adanya. Saat di Bangkalan, Persik Kediri hanya memainkan Ante Bakmaz sebagai pemain asing. Kini Persik telah memiliki dua pemain asing baru, yaitu Gaspar Vega dari Argentina dan Patrick Bordon dari Slovenia.

"Saat dikalahkan Persebaya, permainan Persik belum padu. Saya terus memperbaikinya agar tampil bagus di pembukaan nanti. Target realistis, kami harus dapat poin di Surabaya," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer