Sukses


Persebaya dan Persik Berbagi Poin di Laga Pembuka Shopee Liga 1 2020

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya harus puas hanya meraih satu poin dalam laga pembuka Shopee Liga 1 2020 yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (29/2/2020) malam. Sempat tertinggal lebih dulu dari tim tamu, Persik Kediri, Persebaya akhirnya harus puas bermain imbang 1-1 di laga pertama mereka.

Persebaya Surabaya dan Persik Kediri memulai pertandingan dengan intensitas permainan yang tidak terlalu tinggi. Persebaya tampak lebih sering menguasai bola, tapi kedisiplinan yang diperlihatkan oleh para pemain Persik membuat tim tuan rumah kesulitan untuk menciptakan peluang.

Saat pertandingan memasuki menit ke-18, Persik mulai berani untuk menekan. Sekitar tiga menit para pemain Persik terus menguasai bola dan mencoba untuk masuk ke area pertahanan Persebaya.

Sebuah peluang emas baru didapatkan oleh Persebaya pada menit ke-31 lewat tendangan jarak jauh Aryn Williams. Namun, sayang tembakan pemain asal Australia itu masih melambung di atas mistar gawang Persik Kediri.

Namun, justru Persik Kediri yang berhasil mendapatkan keunggulan pada menit ke-33 melalui titik putih. Persik Kediri mendapatkan penalti pada menit ke-32 setelah bek Persebaya, Hansamu Yama Pranata, melakukan handball di dalam kotak terlarang. Gaspar Vega yang menjadi eksekutor mampu melakukan tugasnya dengan baik untuk membawa Persik unggul 1-0.

Tertinggal lebih dulu membuat Persebaya mulai menaikkan intensitas permainannya. Makan Konate menjadi motor serangan Bajul Ijo yang berusaha mengurung pertahanan Persik. Persebaya pun hanya butuh waktu tiga menit untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Hansamu Yama Pranata membayar kesalahannya yang membuat Persebaya tertinggal dengan sebuah gol tandukan yang sangat bagus. Berawal dari umpan set-piece Mahmoud Eid ke jantung pertahanan Persik, Hansamu meloncat dan menanduk bola di depan kiper Persik, Dimas Galih.

Permainan makin menarik. Persebaya Surabaya dan Persik Kediri mulai berani untuk saling menyerang dan bermain lebih keras. Namun, hingga babak pertama berakhir, kedudukan tetap imbang 1-1.

Video

2 dari 3 halaman

Tanpa Gol di 45 Menit Kedua

Persebaya Surabaya langsung menekan di awal babak kedua. Terhitung dalam tiga menit pertama, striker Persebaya, David da Silva, mampu menciptakan dua peluang yang terbuang sia-sia. Tembakannya masih jauh di atas mistar gawang Persik.

Namun, Persik tidak mau menyerah begitu saja. Antoni Putro dkk. tetap berusaha untuk memberikan perlawanan dan mengancam gawang Persebaya.

Satu contoh terjadi pada menit ke-67. Sebuah peluang didapatkan oleh Gaspar Vega di depan gawang Persebaya yang tidak terkawal dengan baik. Namun, sayang peluang yang datang tiba-tiba itu tidak bisa diselesaikan dengan baik oleh pemain asal Argentina itu.

David da Silva kembali mendapatkan peluang melalui tandukannya pada menit ke-71. Namun, lagi-lagi striker andalan Persebaya ini gagal memaksimalkannya.

Memasuki 15 menit terakhir pertandingan, kedua tim tetap berusaha untuk melancarkan serangan. Namun, kedua tim bermain dengan intensitas yang lebih rendah. Tampak beberapa pemain mulai merasakan kram dan kehabisan stamina.

Sebuah peluang emas kembali didapatkan David da Silva yang menyambut bola rebound setelah Dimas Galih menghalau tendangan bebas Makan Konate pada menit ke-90. Sayang, peluang emas di depan mata terbuang setelah bola sontekan pemain asal Brasil itu malah naik ke atas mistar gawang Persik.

Hingga pertandingan usai, kedua tim tak berhasil memaksimalkan peluang yang mereka miliki untuk menambah gol. Persebaya dan Persik pun harus puas berbagi poin di laga perdana mereka di Shopee Liga 1 2020.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Persebaya Surabaya (4-3-3): Rivky Mokodompit (kiper); Arif Satria, Rachmat Irianto, HAnsamu Yama Pranata, Koko Ari Araya (belakang); Makan Konate, Aryn Williams, Hambali Tolib (tengah); Irfan Jaya, Mahmoud Eid, David da Silva (depan)

Pelatih: Aji Santoso

Persik Kediri (5-4-1): Dimas Galih (kiper); Andri Ibo, Ante Bakmaz, Dany Saputra, Ibrahim Sanjaya, Jefferson Alves (belakang); Ady Eko Jayanto, Sachie Teah Doe, Faris Aditama, Gaspar Vega (tengah); Antoni Putro Nugroho (depan)

Pelatih: Joko Susilo

Video Populer

Foto Populer