Sukses


Perjalanan Masih Panjang, Persebaya Tak Menyerah setelah Gagal Mengalahkan Persik

Bola.com, Surabaya - Persebaya meraih hasil kurang memuaskan dalam laga perdana Shopee Liga 1 2020. Dalam duel laga pembuka, tim Bajul Ijp ditahan 1-1 oleh tim tamu, Persik Kediri, di hadapan 50 ribu penonton Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (29/2/2020).

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, tidak ingin kegagalan memetik poin penuh ini menurunkan mental dan semangat pemainnya. Dia juga merasa Makan Konate dkk. telah bekerja maksimal. Aji menegaskan tak ada yang perlu disalahkan dari pertandingan ini.

"Perjalanan masih panjang, pertandingan juga baru sekali. Buat saya tidak masalah, masih ada 33 pertandingan. Saya sampaikan, pertandingan pertama memang sedikit sulit. Pemain tidak ada yang salah," kata legenda hidup Persebaya itu.

Tim berjulukan Bajul Ijo tersebut sebenarnya bermain sangat agresif dan mendominasi permainan. David da Silva dkk. mencatatkan 13 peluang, dengan enam di antaranya mengarah ke gawang. Namun, hanya satu yang berbuah gol.

Gol Persebaya dicetak stopper Hansamu Yama, yang memanfaatkan umpan sepakan bebas Mahmoud Eid pada pada menit ke-37. Stoper asli Mojokerto itu menyundul bola yang gagal dibendung kiper Persik, Dimas Galih.

Hansamu seolah membayar kesalahannya dengan gol itu. Empat menit sebelumnya, dia menjadi penyebab Persebaya kebobolan. Persik mencetak gol terlebih dulu lewat titik putih ekseskusi Gaspar Vega, setelah Hansamu melakukan handsball di kota terlarang.

"Hansamu itu pemain (tim) nasional. Saya pasang siapapun, Rizky (Ridho) atau Arif (Satria), juga sama-sama bagus. Saya membuat keputusan memasang dia," tutur Aji Santoso.

2 dari 2 halaman

Hanya Kurang Beruntung

Dengan catatan jumlah tembakan yang cukup banyak, Aji menyebut tim asuhannya sedang tidak beruntung. Pemain Persebaya kesulitan menembus pertahanan Persik, yang dinilai melakukan strategi parkir bus alias bertahan total dalam kondisi skor imbang 1-1.

Penyerang sayap Persebaya, Oktafianus Fernando, mengungkapkan penyataan serupa terkait hasil ini.

"Kami kurang beruntung dan sudah mencoba maksimal di babak kedua," ucap pemain yang karib disapa Ofan itu.

Aji tidak ingin skuat Persebaya larut dalam hasil pertandingan pertama ini. Dia meminta anak asuhnya mulai fokus menatap pekan kedua. Persebaya dijadwalkan bertandang ke markas Persija Jakarta, Sabtu (7/2/2020).

"Kita semua tahu rivalitas Persebaya dan Persija. Yang jelas, kami akan berusaha maksimal mendapat poin di sana. Menurut saya, peluangnya masih sangat terbuka," tutur pelatih berusia 49 tahun tersebut.

PT LIB Nyatakan 24 Klub Siap Memulai Kembali Liga 2 2021

Video Populer

Foto Populer