Sukses


Arema Ubah Komposisi Tim demi Menekuk Persib

Bola.com, Jakarta Arema mengawali Shopee Liga 1 2020 dengan manis. Meski hanya diperkuat satu pemain asing, Oh In-kyun, mereka bisa mempermalukan Tira Persikabo dua gol tanpa balas di Stadion Pakansari, Cibinong (2/3/2020).

Namun, tidak ada garansi komposisi starting eleven di laga pertama dipertahankan untuk pertandingan kedua melawan Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Minggu (8/3/2020).

Diprediksi, banyak perubahan yang akan terjadi. Trio pemain Arema dari Amerika Latin sudah bisa diturunkan. Jonathan Bauman pulih dari cedera hamstring.

Sementara Matias Malvino dan Elias Alderete sudah mendapat pengesahan dari operator kompetisi karena di laga pertama, dua pemain asing ini batal turun lantaran belum dapat international transfer certificate (ITC) dari Federasi Sepak Bola Argentina dan Uruguay.

"Persiapan untuk melawan Persib sudah berjalan bagus. Bauman, Malvino, dan Alderete juga sudah bisa turun. Ada kemungkinan mereka main sejak menit awal jika kondisinya 100 persen," kata Mario Gomez, pelatih Arema.

Hal itu berarti, lini depan dan belakang Arema bisa jadi mengalami perubahan. Sebelumnya, Hanif Sjahbandi, M. Rafli, dan Kushedya Hari Yudo yang dipasang menggantikan mereka.

Namun, bukan berarti Gomez tidak puas dengan kinerja tiga pemain lokal tersebut. Dia melihat Persib musim ini masih tim yang kuat dengan sederet pemain lokal, asing, dan naturalisasi sehingga Arema juga butuh tenaga Bauman dkk.

Bauman merupakan eks pemain Persib musim 2018 sehingga dia punya semangat tersendiri untuk menghadapi laga ini.

"Saya melihat permainan mereka di laga pertama. Persib bermain bagus dengan pemain yang kuat. Ada juga beberapa nama yang bertahan sejak tiga tahun lalu. Saya tahu kualitas mereka bagus. Minggu nanti akan jadi laga yang sangat berat buat Arema. Namun, kami ingin tiga poin," tegas Mario Gomez.

2 dari 2 halaman

Ujian Ketangguhan Lini Belakang dan Depan

Sebenarnya Arema punya dilema, terutama dalam menyusun komposisi lini depan karena ada satu nama yang sedang on fire, yakni Kushedya Hari Yudo. Pemain berusia 26 tahun itu memborong dua gol Arema di pekan pertama. Namun, posisinya kini terancam oleh Alderete atau Bauman.

Menarik untuk dilihat, apakah Arema memilih mencadangkan pemain yang sedang on fire atau tidak. Di sisi lain, Persib punya palang pintu tangguh. Ada beberapa nama seperti Nick Kuipers, Victor Igbonefo, dan Fabiano Beltrame yang tidak diragukan lagi kualitasnya. Tiga bek jangkung dan kuat dalam duel.

Mereka juga tidak kemasukan di laga pertama dan menang 3-0 atas Persela Lamongan (1/3/2020).

Arema juga sama. Singo Edan belum kemasukan di laga pertama ketika mempermalukan Tira Persikabo 2-0 sehingga laga nanti juga menjadi ujian ketangguhan lini belakang dan depan kedua tim.

Video Populer

Foto Populer