Sukses


Kompetisi Dihentikan Sementara, Aji Santoso Punya Waktu Buat Benahi Masalah Persebaya

Bola.com, Surabaya - Start Persebaya Surabaya relatif buruk di pentas Shopee Liga 1 2020. Tim Bajul Ijo gagal meraih kemenangan di dua laga kandang mereka.

Persebaya bermain imbang 1-1 kontra tim promosi Persik Kediri pada laga pembuka kompetisi. Selanjutnya tim asuhan Aji Santoso mengakui ketangguhan Persipura Jayapura dengan skor 3-4 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) pada Jumat (13/3/2020).

Aji Santoso mengakui kekalahan malam ini karena transisi permainan dari menyerang ke bertahan yang lambat. Tak hanya itu. Barisan depan, tengah, dan belakang Persebaya tampil di bawah performa terbaik.

"Memang gol yang terjadi akibat transisi kami yang agak sedikit terlambat. Ada pemain yang melakukan kesalahan terus di-counter. Saya sudah sampaikan berulang-ulang pada seluruh pemain agar tidak melakukan pelanggaran di sepertiga pertahanan. Tetapi masih ada yang melakukan kesalahan, dan dieksekusi dengan baik oleh lawan," jelas Aji

Ia juga menyayangkan kegagalan tendangan penalti David Aparecido da Silva. Persebaya sempat mendapat hadiah penalti di menit-menit awal. Sayang eksekusi penyerang asal Brazil itu bisa ditepis kiper Persipura, Dede Sulaiman."

"Padahal di official training jelang laga sudah melakukan latihan penalti,” sesal pelatih berusia 49 tahun ini.

Pelatih asal Malang itu menolak anggapan persiapan Persebaya menghadapi kompetisi tidak terlalu bagus. Mereka terkesan terlena usai memenangi Piala Gubernur Jatim.

"Tidak benar. Persiapan kami menghadapi kompetisi sangat bagus. Kami mencari momentum untuk anak-anak agar cepat bangkit, kalau momentum ketemu, tim ini akan berjalan normal. Karena itu untuk pertandingan berikutnya, kami harus lebih bagus lagi, yang jelas itu tadi momentum kami belum ketemu,” tutur Aji.

Video

2 dari 2 halaman

Dukung Penghentian Kompetisi

Aji Santoso mendukung dengan keputusan Menpora, Zainudi Amali dan Ketua PSSI, Iwan Bule yang memberhentikan sementara bergulirnya kompetisi Liga 1 dan 2. Menurutnya keselamatan lebih utama dari pada harus berisiko pada pemain di sepak bola.

Karena memang penyebaran virus Corona ini juga sudah menyerang sebagian penduduk di Indonesia, maka supaya tidak terlalu menyebar dan berdampak pada para pemain maka hal ini perlu dilakukan.

“Saya sangat mendukung dihentikan sementara ini, keselamatan lebih utama daripada sepak bola saat ini. Apalagi sebagian sudah terserang virus ini di Indonesia,” ucap Aji Santoso, Senin (16/3/2020).

Aji mengaku akan berkomunikasi dengan manajemen untuk memastikan jadwal libur pemain hingga kapan. Namun pada Senin (16/2/2020) sore ini Persebaya masih akan menjalani latihan ringan, namun secara tertutup.

Sebelumnya PT Liga Indonesia Baru telah melayangkan surat penyampaian status kompetisi Shopee Liga 1 dan 2 2020. Dalam suratnya di tuliskan jika PT LIB menindaklanjuti imbauan untuk menunda sementara pertandingan liga 1 dan 2 hingga dua Minggu ke depan, terhitung mulai 16 hingga 29 Maret mendatang.

Penghentian kompetisi relatif menguntungkan bagi Aji dan para asistennya untuk memperbaiki kelemahan anak-asuhnya, sehingga bisa meraih hasil tak memuaskan di dua laga awal kompetisi.

Sumber: Persebaya

Cara Persija Jakarta untuk Kembali Raih Kemenangan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer