Sukses


Kiprah Dejan Antonic di Indonesia, Bermain di 3 Tim dan Menjadi Pelatih Banyak Klub

Bola.com, Sleman - Tidak banyak pelatih ekspatriat yang pernah merasakan pengalaman dengan lengkap selama berkarier di sepak bola Indonesia. Pengalaman tersebut adalah menjadi pemain di Indonesia hingga berganti profesi sebagai pelatih. Dejan Antonic merupakan satu di antaranya.

Dua pesepak bola asing asal Brasil, Luciano Leandro dan Jacksen Tiago, adalah contohnya. Luciano Leandro pernah sukses menjadi pemain Persija. Kemudian ia pernah melatih tim seperti Persipura Jayapura.

Jacksen F. Tiago menggapai banyak kesuksesan di Indonesia. Ia mengantarkan Persebaya Surabaya menjadi juara saat masih bermain. Jacksen juga sukses sebagai pelatih, dengan membawa Persipura menjadi juara liga.

Tidak ketinggalan sosok Dejan Antonic ikut masuk dalam daftar warga negara asing yang cukup familiar di dunia persepakbolaan Indonesia. Tidak hanya sebagai pelatih yang merupakan profesinya saat ini, pria asal Serbia tersebut punya pengalaman panjang sebagai pemain.

Dejan Antonic merupakan mantan pemain Timnas Yugoslavia pada akhir era tahun 80-an. Ia pernah mengenyam pengalaman bermain di Liga Indonesia pada medio 1995 hingga 1998.

Dejan Antonic tercatat pernah berseragam Persebaya Surabaya, Persita Tangerang, dan Persema Malang. Meski tidak begitu tampak prestasinya saat masih aktif sebagai pemain di tiga klub berbeda, setidaknya Dejan punya pengalaman bermain di Liga Indonesia.

Dejan Antonic memutuskan gantung sepatu pada 2005. Klub Hongkong, Kitchee SC, menjadi tim terakhir dalam kariernya untuk kemudian beralih profesi menjadi pelatih. Kitchee juga merupakan tim pertama yang dilatihnya.

Pada 2012, Dejan Antonic kembali ke berkarier di Indonesia, tapi sebagai pelatih. Arema Indonesia merupakan tim Indonesia pertama yang ditanganinya, kemudian berpindah ke sejumlah klub seperti Pro Duta, Pelita Bandung Raya, Persib Bandung, Borneo FC, Madura United, dan terkini adalah PSS Sleman.

 

2 dari 3 halaman

Tugas Berat Menanti

Dengan segudang pengalaman yang ia dapatkan, tentunya Dejan Antonic sangat fasih dengan kultur sepak bola Indonesia. Namun, tugas cukup berat ada dipundaknya, setelah ditunjuk mendadak sebagai pelatih baru PSS Sleman.

Diketahui, PSS menunjuk Dejan Antonic sebagai pelatih kepala, satu pekan menjelang sepak mula Shopee Liga 1 2020. Dejan Antonic ditunjuk PSS setelah Eduardo Perez mengundurkan diri.

Bahkan Dejan Antonic baru bisa memimpin timnya bertanding di lapangan pada pekan kedua, di mana tim Elang Jawa ditahan imbang tanpa gol oleh Tira Persikabo, Minggu (8/3/2020). Dejan perlu mengembalikan prestasi menawan PSS seperti saat dilatih Seto Nurdiyantoro musim lalu, yang mampu finis di peringkat delapan.

Eks pemain Red Star Belgrade ini dikenal sebagai pelatih yang mengorbitkan pemain muda. Selain itu, karakter permainan khas negara Eropa timur yang disiplin dan menonjolkan ketahanan fisik, bisa menjadi kekuatan tersendiri bagi tim PSS.

Ditambah dalam skuatnya, banyak pilihan yang bisa dicoba. Keberadaan Aaron Evans di sektor pertahanan, Zah Rahan di tengah, dan Irfan Bachdim, membuat Dejan Antonic dapat menjalankan berbagai rencana taktik dan strateginya.

3 dari 3 halaman

Video

Pemain Bhayangkara FC, Jajang Mulyana Giat Lakukan Penyembuhan Tahap Akhir Pasca Cedera

Video Populer

Foto Populer