Sukses


Kiper Muda Potensial yang Mencari Identitas di Pentas Shopee Liga 1 2020

Bola.com, Jakarta - Dari 18 klub yang bertanding di Shopee Liga 1 2020, ada 13 klub yang memiliki kiper berusia muda sebagai investasi masa depan. Satu hal yang menarik, beberapa klub memercayakan kiper muda tersebut untuk tampil sebagai penjaga gawang utama.

Dari 13 klub yang memiliki kiper berusia muda, ada 21 penjaga gawang yang dikategorikan sebagai kiper muda, atau mereka yang berusia 23 tahun ke bawah. Artinya, ada klub yang melakukan investasi dengan merekrut setidaknya dua kiper berusia muda di Shopee Liga 1 2020.

PSM Makassar merupakan klub dengan jumlah kiper muda terbanyak di Shopee Liga 1 2020. Juku Eja memiliki Hilman Syah yang berusia 22 tahun, Miswar Saputra yang berusia 23 tahun, dan Muhammad Reza Pratama yang berusia 19 tahun.

Dalam tiga pertandingan pertamanya, pelatih PSM Makassar, Bojan Hodak, sudah memberikan kepercayaan kepada Hilman Syah untuk turun dalam dua pertandingan, sementara satu laga lain pelatih asal Kroasia itu mempercayakan gawang timnya kepada Miswar Saputra.

Setelah itu ada Bhayangkara FC, Borneo FC, Persela Lamongan, Madura United, dan Bali United yang masing-masing tim memiliki dua kiper berusia muda di dalam timnya pada musim ini. Namun, dari lima tim tersebut, baru Borneo FC dan Bhayangkara FC yang memberikan kepercayaan kepada kiper mudanya untuk tampil di awal musim.

Kiper Bhayangkara FC, Awan Setho, saat melawan Madura United pada laga Liga 1 di Stadion PTIK, Jakarta, Kamis, (07/6/2018). Bhayangkara FC menang 1-0 atas Madura United. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Awan Setho Rahardjo selalu menjadi andalan Paul Munster untuk mengawal gawang Bhayangkara FC dalam tiga pertandingan pertama Shopee Liga 1 2020. Sementara itu, Borneo FC juga selalu menurunkan Gianluca Pandenuwu yang baru berusia 20 tahun dalam tiga laga pertama.

Hingga pekan ketiga Shopee Liga 1 2020, memang baru ada 5 kiper muda berusia 23 tahun ke bawah yang mendapatkan kesempatan bermain dari klubnya. Kelima kiper muda itu datang dari empat klub yang berbeda. Selain Bhayangkara FC, Borneo FC, dan tentunya PSM Makassar, satu tim lain yang memberikan kepercayaan kepada kiper mudanya adalah Barito Putera.

Muhammad Riyandi yang berlabel kiper Timnas Indonesia kelompok umur sudah mendapatkan kesempatan dua kali mengawal gawang Barito Putera dalam tiga pertandingan pertama Laskar Antasari pada awal Shopee Liga 1 2020.

Artinya masih ada 16 kiper yang belum mendapatkan kesempatan bermain pada awal musim ini. Seandainya Shopee Liga 1 2020 tidak berhenti tentu angka penggunaan kiper muda di kompetisi musim ini bisa makin meningkat.

2 dari 4 halaman

Belum Mendapat Kesempatan dan Harus Bersaing Ketat

Nasib lima kiper muda tersebut memang masih lebih beruntung ketimbang 16 kiper muda lainnya. Namun, beberapa di antara mereka memang merupakan kiper yang menjadi andalan timnya di Shopee Liga 1 2020.

Keberadaan Awan Setho sebagai kiper utama Bhayangkara FC membuat Panggih Prio Sembodo yang berusia 22 tahun harus bekerja keras untuk bisa mendapatkan tempat di bawah mistar gawang Bhayangkara FC.

Begitu pun dengan Mochamad Diky Indriyana di Borneo FC. Mantan kiper Bali United ini harus bersaing dengan Gianluca Pandenuwu, yang seusia dengannya, untuk bisa mendapatkan kepercayaan dari Edson Tavares, sang pelatih kepala.

Hal yang sama juga dialami Muhammad Reza Pratama di PSM Makassar. Kiper berusia 19 tahun itu bahkan harus bersaing dengan dua kiper yang sedikit lebih senior darinya, yaitu Hilman Syah dan Miswar Saputra yang sudah lebih dulu mendapatkan kesempatan.

Sementara itu, ada kiper-kiper muda lain yang juga harus bersaing dengan kiper yang jauh lebih senior di timnya masing-masing. Arema FC memiliki Andriyas Francisco dan Kurniawan Kartika Ajie sebagai kiper muda. Tapi, keduanya masih harus bersaing dengan Teguh Amiruddin yang mendapatkan kepercayaan dari Mario Gomez untuk tampil dalam tiga laga pertama.

Seperti halnya di Arema FC, kondisi di Persela Lamongan, Bali United, dan Madura United pun sama. Mochamad Rio Agata dan Reza Agus Febrian yang sama-sama berusia 20 tahun harus bersaing dengan dua seniornya, Reky Rahayu, dan Alfonsius Kelvan di Persela Lamongan.

Sementara itu, Nadeo Argawinata dan Rakasurya Handika yang berstatus kiper Timnas Indonesia kelompok umur yang ada di Bali United, juga harus bekerja keras untuk bisa menggantikan kiper senior Serdadu Tridatu, Wawan Hendrawan. Begitupun Satria Tama dan Fawaid Ansory yang masih harus bersabar untuk bisa menggantikan peran Muhammad Ridho di Madura United.

Selain itu, Ernando Ari Sutaryadi di Persebaya Surabaya, Alex Sander di PSS Sleman, Mario Londok di Persipura Jayapura, Muhammad Fadli di PSIS Semarang, dan Risky Sudirman di Persija Jakarta, juga masih harus bersabar untuk bisa mendapatkan kesempatan tampil bersama tim utama.

3 dari 4 halaman

Daftar Kiper Muda di Shopee Liga 1 2020

  • Bhayangkara FC - Awan Setho 23 tahun, Panggih Prio Sembodo 22 tahun
  • Borneo FC - Gianluca Pandenuwu 22 tahun, Mochamad Diky Indriyana 22 tahun
  • Barito Putera - Muhammad Riyandi 20 tahun
  • PSM Makassar - Hilman Syah 22 tahun, Miswar Saputra 23 tahun, Muhammad Reza Pratama 19 tahun
  • Arema FC - Andriyas Francisco 19 tahun, Kurniawan Kartika Ajie 23 tahun
  • Persebaya - Ernando Ari Sutaryadi 18 tahun
  • PSS Sleman - Alex Sander 23 tahun
  • Persela Lamongan - Mochammad Rio Agata 20 tahun, Reza Agus Febrian 20 tahun
  • Bali United - Nadeo Argawinata 23 tahun, Rakasurya Handika 19 tahun
  • Persipura Jayapura - Mario Londok 22 tahun
  • PSIS Semarang - Muhammad Fadli 20 tahun
  • Madura United - Satria Tama 23 tahun, Fawaid Ansory 20 tahun
  • Persija Jakarta - Risky Sudirman 18 tahun
4 dari 4 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer