Sukses


Tanggapan CEO PSIS Perihal Keinginan Bruno Silva Masuk Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - CEO PSIS Semarang, Alamsyah Satyanegara Sukawijaya atau Yoyok Sukawi, memberikan tanggapan perihal keinginan pemain asing di timnya menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Bomber PSIS, Bruno Silva memang telah mengirim sinyal ingin berseragam Merah Putih suatu saat nanti. Pemain berusia 28 tahun membenarkan isu yang menyebut dirinya ingin dinaturalisasi. Tentu syaratnya harus memjadi seorang Warga Negara Indonesia (WNI) terlebih dahulu.

Bruno menegaskan bermain untuk Timnas Indonesia adalah atas niatnya pribadi. Ia juga mengklaim keluarga besarnya di Brasil mendukungnya 100 persen. Hal ini membuat Yoyok Sukawi sebagai petinggi klub memberikan tanggapan.

"Tentu kami menyambut dengan baik. Tapi dia harus jadi WNI terlebih dahulu, dan itu perlu proses. Apalagi sekarang ini PSSI tidak ada kebijakan memanggil pemain naturalisasi," terang Yoyok Sukawi, Sabtu (4/4/2020).

Cara lain yang bisa dilakukan Bruno Silva untuk memenuhi persyaratan menjadi WNI adalah menunggu waktu beberapa tahun ke depan. Yakni mengajukan keinginan menjadi WNI dengan catatan menetap di Indonesia selama tujuh tahun.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Usia Ganjalan

Hanya saja hal di atas cukup sulit bagi Bruno untuk dijalani, mengingat sekarang usianya menginjak 28 tahun. Sementara dirinya sudah dua tahun tinggal di Indonesia.

Dengan demikian, Bruno baru akan bisa mengajukan diri menjadi WNI saat usianya 33 tahun nanti. Artinya saat itu, bisa jadi pemain ini sudah melewati periode terbaik dalam kariernya.

"Niat Bruno memang baik, ia juga punya potensi yang besar melihat performanya. Tapi memang tidak mudah proses naturalisasi," singkat Yoyok Sukawi.

Video Populer

Foto Populer