Sukses


Pemain-pemain Mumpuni Berpostur Mungil di Shopee Liga 1 2020

Bola.com, Jakarta - Sebagai pesepak bola, postur tubuh turut mendukung performa di lapangan. Namun, hal itu ternyata tak berlaku buat para pemain yang kebetulan memiliki tinggi badan di bawah ideal.

Tinggi seseorang tak melulu dipengaruhi faktor keturunan. Ada faktor lain seperti asupan gizi sewaktu balita yang juga punya peran terhadap tinggi badan.

Mengacu pada Angka Kecukupan Gizi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, tinggi badan ideal pria Indonesia adalah 168 cm. 

Sebagai pesepak bola yang dekat dengan latihan fisik intensitas tinggi tentu bisa merangsang pertumbuhan tinggi badan. Meskipun memang tak semua pesepak bola di Indonesia memiliki postur tubuh ideal.

Postur tubuh seorang pemain biasanya disesuaikan dengan posisi yang menjadi keahliannya. Hampir jarang seorang penyerang berpostur tubuh pendek.

Maklum, biasanya para penyerang akrab dengan duel bola-bola udara yang mengharuskannya untuk melompat setinggi-tingginya. Adapun pemain dengan tubuh pendek lebih banyak menghuni sektor sayap. Posisi tersebut membuat pemain dengan tubuh mungil mampu mengeluarkan kelincahan dan kecepatannya.

Namun, memiliki postur tubuh tak ideal bukan berarti seorang pesepak bola tak bisa memberikan permainan terbaik. Contohnya adalah bintang Barcelona, Lionel Messi, yang memiliki postur tubuh 170 cm.

Untuk ukuran Eropa, postur tubuh Messi tentu saja mungil karena mayoritas pesepak bola lainnya memiliki tinggi di atas 180 cm. Akan tetapi, Messi tetap mampu merepotkan pemain yang lebih tinggi darinya.

Lantas, siapa saja pemain sepak bola di Indonesia yang memiliki postur tubuh mungil di Shopee Liga 1 2020?

2 dari 5 halaman

Andik Vermansah

Andik Vermansah memiliki postur tubuh 162 cm. Namun, itu bukan menjadi penghalang buatnya dalam menunjukkan kemampuan terbaik.

Andik berhasil membius masyarakat dengan gocekan khas dan kecepatan yang dimilikinya. Berkat kelebihan-kelebihan itu, Andik sempat dijuluki "Messi dari Asia".

"Saya tidak tahu bagaimana nama panggilan itu muncul. Akan tetapi, jujur ini menempatkan saya pada banyak tekanan. Messi adalah pemain hebat, dan saya harus lebih bekerja keras," kata Andik kepada FIFA.com.

Andik saat ini membela Bhayangkara FC. Sebelumnya, pemain berusia 28 tahun itu sudah pernah membela Persebaya Surabaya, Selangor FA, Kedah FA, dan Madura United.

3 dari 5 halaman

Todd Rivaldo Ferre

Todd Rivaldo Ferre tak menjadikan postur tubuh mungil sebagai kendala bermain bola. Justru hal itu nyatanya membantunya untuk mengeluarkan penampilan terbaik.

Berkat tubuh mungil, Todd mampu berlari kencang dan merepotkan pemain lawan. Selain itu, postur tubuh kecil yakni 158 cm yang dimilikinya membuat Todd gampang menguasai pergerakan bola.

Todd saat ini menjadi andalan Persipura Jayapura. Bersama klub berjulukan Mutiara Hitam itu Todd sudah tampil sebanyak 47 kali dan menyumbang sembilan gol.

4 dari 5 halaman

Riko Simanjuntak

Memiliki postur tubuh yang tak idel buat pesepak bola bukan menjadi halangan buat Riko Simanjuntak. Pada kenyataannya, pemain berpostur 158 cm itu sering merepotkan lawan dalam setiap permainannya.

Riko menjadikan postur tubuhnya sebagai kelebihan. Dengan tubuh mungil, Riko mampu berlari kencang dan selalu merepotkan lawan karena permainan lincahnya.

Faktor itulah yang membuat Riko dipercaya tampil menghuni tim utama Persija Jakarta. Sejauh ini, Riko sudah tampil sebanyak 62 kali dan mencetak tiga gol sejak bergabung dengan Persija pada 2018.

"Messi adalah inspirasi saya karena kita semua tahu Messi tidak terlalu tinggi. Kehadiran Messi di dunia sepak bola membuat kami, pemain yang kurang tinggi terbantu. Kami mendapatkan motivasi, apalagi kemampuan Messi luar biasa dengan tubuh yang kecil," ujar Riko.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer